HETANEWS

Prediksi Timnas Indonesia Vs Malaysia: Tim Garuda Pantang Ciut Nyali

Yeyen Tumena dan Yanto Basna menghadiri jumpa pers jelang bentrokan Indonesia melawan Malaysia di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Selasa (19/11/2019) malam (Foto: PSSI)

Jakarta, hetanews.com – Timnas Indonesia tidak ciut nyali saat menghadapi Malaysia di lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Meski sebelumnya kalah, Skuat Garuda tetap optimistis menatap pertandingan di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Selasa (19/11/2019) malam.

“Kami melakukan banyak perbaikan agar tim bisa bangkit dari empat laga dengan hasil kurang maksimal. Laga ini menjadi momentum agar kami meraih kemenangan,” kata Asisten Pelatih Timnas, Yeyen Tumena.

Sebelumnya Indonesia memang selalu mendapatkan hasil mengecewakan. Mereka kalah dari Malaysia (2-3), Thailand (0-3), Uni Emirat Arab (0-5), dan Vietnam (1-3). Akibat hasil buruk tersebut, Indonesia kini berada di dasar klasemen Gup G dan belum memiliki poin.

Di sisi lain, Malaysia menempati peringkat empat dengan kepemilikan enam poin. Tim asuhan Tan Chen Hoe memenangkan dua pertandingan dan meraih dua kekalahan. Teranyar, Harimau Malaya berhasil menaklukkan Thailand 2-1 di Stadion Bukit Jalil, Kamis (14/11/2019) lalu.

Melihat hasil tersebut, Yeyen mengakui bahwa permainan Malaysia sudah lebih baik. Menurutnya, kekompakkan tim lawan menjadi satu hal yang wajib diwaspadai.

“Dari hasil yang kita lihat pada pertandingan yang di Jakarta dan pertandingan melawan Thailand, Malaysia bermain dengan sangat sederhana dan sangat baik. Mereka bisa bermain secara kolektif,” ujarnya dalam rilis PSSI.

“Buat kami, siapa pun yang datang ke pertahanan itu pemain berbahaya. Jadi kami tidak mengkhususkan harus menjaga siapa. Buat kami siapapun pemain dari Malaysia adalah yang terbaik,” tutur Yeyen.

Malaysia sendiri enggan meremehkan tim tamu yang datang dengan sejumlah catatan buruk. Tan Cheng Hoe yakin, Indonesia bisa memberi kejutan dalam pertarungan nanti.

“Kami tidak boleh terlalu percaya diri meski menang pada laga sebelumnya melawan Indonesia. Di sepak bola, setiap pertandingan akan menyajikan suasana berbeda. Jadi kami akan fokus dengan tim sendiri,” ucapnya.

“Indonesia mengalami beberapa perubahan dari segi pelatih dan pemain. Skuat yang baru itu tentu berpengaruh dengan permainan mereka,” tuturnya.

PERKIRAAN PEMAIN
MALAYSIA (4-4-2)
Farizal Marlias; Matthew Davies, Shahrul Moh Saad, Corbin Ong Lawrence, Adam Nor Azlin; Brendan Gan, Safawi Rasid, Hadin Azman, Nor Azam; Mohamadou Sumareh, Norshahrul Idlan Talaha
Pelatih: Tan Chen Hoe

INDONESIA (4-3-3)
Andritany Ardhiyasa; Gavin Kwan, Yanto Basna, Otavio Dutra, Abduh Lestaluhu; Septian David, Bayu Pradana, Hendro Siswanto; Febri Haryadi, Lerby Eliandry, Osas Saha
Pelatih: Yeyen Tumena (asisten)

LIMA PERTEMUAN TERAKHIR
05/09/2019, Kualifikasi Piala Dunia, Indonesia 2-3 Malaysia
06/09/2016, Uji Coba, Indonesia 3-0 Malaysia
14/09/2014, Uji Coba, Indonesia 2-0 Malaysia
01/12/2012, Piala AFF, Malaysia 2-0 Indonesia
29/12/2010, Piala AFF, Indonesia 2-1 Malaysia

Prediksi: 50-50

sumbner: inews.id

Editor: sella.