HETANEWS

Generasi Simpel dari BCA, Transaksi Aman Tanpa Kartu ATM

Generasi Simpel Tanpa Kartu ATM (Foto : bca.co.id)

Jakarta, hetanews.com - Pesatnya perkembangan Teknologi di Era Digital semua transaksi dibikin mudah, apa lagi dengan adanya berbagai perangkat smartphone yang kini banyak beredar di pasaran membuat para pembisnis untuk memamfaatkan bisnis untuk memberikan solusi tepat bagi pengguna di tanah air Indonesia ini. Dalam artian semuanya di aplikasikan melalui media digital berbagai aplikasi berbasis Artificial Intelligence. Tujuan tersebut untuk Dibikin Simple, tanpa ribet dan tanpa antri sekalipun.

Kemajuan Teknologi ini, tentunya membuat saya merasakan mamfaat hal tersebut, terutama soal transaksi Perbankan yang kini sudah Dibikin Simpel dari mulai Buka Tabungan, Transkasi Online hingga transaksi kebutuhan Financial lainnya yang kini sudah menggunakan Teknologi canggih.

Sebagai generasi anak muda Indonesia, saya pun tidak tertinggal informasi mengenai Teknologi yang akhir-akhir ini dibicarakan di masyarakat Indonesia yaitu perusahaan perbankan Swasta BCA yang selalu up to date dalam penerapkan kemajuan Teknologi perbankan melalui produk-produk yang dimilikinya.

Teknologi BCA Maksimalkan Pasar di Tanah Air (Foto: Techno Bussiness)

Teknologi BCA Maksimalkan Pasar di Tanah Air (Foto: Techno Bussiness)

Nah! Kebetulan saya sudah sekian lama menjadi Nasabah setia BCA dari tahun 2015, tentunya ada alasan kuat saya kenapa saya memlilih Bank BCA untuk mengelola keuangan saya, salah satunya Teknologi yang di pakai BCA selalu up to date dari tahun ke tahun.

Hal yang saya sukai dari BCA ini adalah pada waktu masa kuliah saya dulu ajaran tahun 2014-2017 dalam melakukan transaksi pembayaran Pendidikan perkuliahan hingga pembayaran akhir perkuliahan Wisuda, saya selalu menggunakan transaksi pembayaran menggunakan Bank BCA, tepatnya lagi menggunakan fasilitas BCA mobile.

Alasan lain saya memilih BCA karena Instansi Education dimana saya kuliah dulu sudah bekerja sama dengan BCA, sehingga dalam pembayaran kuliah saya lebih efisien tanpa harus mencari mesin ATM diluar. Bisa dibilang BCA menjadi perusahaan Swasta Perbankan Generasi Simpel.

Tidak hanya soal pembayaran  Pendidikan, hingga kini saya masih aktif transaksi menggunakan BCA mobile seperti: pengisian saldo E-Wallet, Transfer uang, Pembelian tiket jalan-jalan, Belanja Supermarket, Online Shopping, hingga menerima Gaji dan Reward saya menggunakan Bank BCA. Menurut saya! Banyak sekali mamfaat yang saya rasakan dari BCA mobile, dan kebetulan saya sendiri lebih menyukai informasi mengenai Teknologi dan transaksi maunya serba cepat. Maka sebagai pengguna saya merasakan mamfaat besar dari produk BCA ini.

Nah! Bagi temen-temen sebagai Nasabah setia BCA atau bahkan temen-temen yang mau buka tabungan menggunakan BCA, saya akan memperkenalkan fasilitas menarik dan terbaru dari BCA ni. Tentunya sangat membantu temen-temen Kompasianer ketika transaksi menggunakan BCA looh. Yap, saya kasih tahu namanya Cardless.

Apa Itu Cardless?

Fitur Cardless dari BCA Mobile (Foto: bca.co.id)

Oke, saya akan jelasin lebih detail yaa. Pasti temen-temen masih awam yang baru denger fasilitas anyar dari BCA ini kan? Jadi, Cardless adalah fitur terkini Inovasi baru dari Setor Tarik di BCA mobile yang memfasilitasi nasabah untuk melakukan transaksi tanpa kartu ATM. Untuk bertransaksi di ATM atau cabang BCA temen-temen hanya perlu memasukkan nomor handphone yang terhubung dengan BCA mobile yang terhubung dan tentunya Kode Transaksi. 

Saya kasih contoh yaa ...

Biar temen-temen bisa memahami ruang lingkup fitur Cardless ini di lapangan. Jadi gini ketika temen-temen akan mengunjungi Kantor Cabang untuk melakukan transaksi, Tarik Tunai dan Setor Tunai di ATM BCA. Kebetulan lagi butuh banget untuk transkasi di kantor cabang, setor uang, tarik tunai dan kebetulan juga dompet yang biasa di bawa berisi kartu ATM tertinggal di rumah/ kantor atau workshop. 

Dalam keadaan mendesak, mungkin temen-temen panik tidak bisa transaksi dan galau dompet nggak kebawa. Tanpa berpikir panjang pasti balik lagi ke rumah atau menelpon saudara, kerabat untuk mengantarkan dompet berisi kartu ATM BCA tersebut.

Nah! fasilitas Cardless dari BCA mobile ini, temen-temen Kompasianer tidak usah lagi repot-repot untuk balik mengambil kartu ATM. Karena dengan fasilitas dari BCA mobile ini, tetap bisa transaksi di kantor Cabang BCA, Setor Tunai dan Tarik Tunai menggunakan perangkat Smartphone yang sudah terinstall aplikasi m-BCA di Playstore dan Appstore. Ingat! untuk menikmati fasilitas ini, temen-temen wajib install dan aplikasi dalam versi terbaru ya ..

Transaksi Cardless dari BCA mobile (Foto: IDM Time)

Transaksi Cardless dari BCA mobile (Foto: IDM Time)

Cara Transaksi dengan Fitur Cardless

Nah! mungkin ini yang di tunggu-tunggu temen-temen Kompasianer, bagaimana caranya untuk menikmati fasilitas Fitur Cardless dan apa saja mamfaat dari fitur Cardless dari BCA Mobile ini. Jadi simak ulasannya sebagai berikut:

  1. Transaksi Cabang
  2. Setor Tunai
  3. Tarik Tuni

Ada 3 kategori yang bisa temen-temen nikmati dari fitur Cardless: Transaksi Cabang, Setor Tunai, dan Tarik Tunai. 

Transaksi Cabang adalah Transaksi yang biasa dilakukan untuk transaksi melalui Teller/ Customer Service. Dengan fasilitas Cardless Transaksi Cabang tidak usah membawa kartu ATM nasabah BCA. Caranya bagaimana, berikut saya uraikan: 

  1. Buka menu "Cardless" di BCA mobile
  2. pilih "Cabang"  
  3. Masukan PIN m-BCA, dan dapatkan 6 digit kode transaksi
  4. Lihat di menu Inbox, untuk melihat kode transaksi
  5. Datang ke Cabang BCA terdekat
  6. Ambil nomor urut antrian di Cabang BCA terdekat
  7. Isi formulir sesuai transaksi 
  8. Dan, lanjutkan transaksi ke teller/ customer service BCA
  9. Dengarkan instruksi dari teller / customer service BCA
  10. Masukan nomor HP BCA mobile dan kode transaksi pada PIN Pad untuk menyelesaikan transaksi
  11. Selamat fasilitas "Cardless" Transaksi Cabang selesai dilakukan

Fitur Cardless Transaksi Cabang (Foto: SWA)

Fitur Cardless Transaksi Cabang (Foto: SWA)

Setor Tunai adalah Transaksi setor tunai melalui mesin ATM BCA yang menyediakan setor tunai, untuk pengiriman setor ada 2 pilihan: Rekening Sendiri dan Rekening Orang lain. Langkah -langkahnya sebagai berikut: 

  1. Buka menu "Cardless" di BCA mobile
  2. Pilih "Setor Tunai" 
  3. Pilih Rekening yang di tuju (Sendiri / Orang lain)
  4. Masukan PIN m-BCA, dan dapatkan 6 digit kode transaksi
  5. Lihat di menu Inbox, untuk melihat kode transaksi
  6. Cari mesin ATM terdekat yang tersedia Setor Tunai BCA
  7. Di mesin ATM, pilih "Transaksi Tanpa Kartu"
  8. Masukan nomor HP BCA mobile
  9. Masukan kode transaksi 6 digit di ponsel 
  10. Masukan uangnya di ATM dan pastikan jumlah uangnya sesuai transaksi
  11. Selamat fasilitas "Cardless" Setor Tunai selesai dilakukan

Tarik Tunai adalah Transaksi tarik tunai melalui mesin ATM BCA yang menyediakan tarik tunai. Untuk langkah -langkahnya sebagai berikut:

  1. Buka menu "Cardless" di BCA mobile
  2. Pilih "Tarik Tunai"
  3. Masukan nominal uang yang akan di ambil
  4. Masukan PIN m-BCA, dan dapatkan 6 digit kode transaksi
  5. Ingat! Saldo harus mencukupi ketika akan tarik tunai
  6. Cari mesin ATM terdekat yang tersedia Tarik Tunai BCA
  7. Di mesin ATM, pilih "Transaksi Tanpa Kartu"
  8. Masukan nomor HP BCA mobile
  9. Masukan kode transaksi 6 digit di ponsel 
  10. Ambil segera uang dari mesin ATM
  11. Selamat fasilitas "Cardless" Tarik Tunai selesai dilakukan

Fitur Cardless Setor Tarik Tunai (Foto: bca.co.id)

Fitur Cardless Setor Tarik Tunai (Foto: bca.co.id

Nah! Bagaiman temen-temen Kompasianer mudah banget kan transaksinya. Tentunya sangat Dibikin Simpel, apa lagi dengan adanya fasilitas ini. Tentunya pihak BCA sudah mempersiapkan keamanannya dari fasilitas terbaru ini agar tidak disalah gunakan dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab. 

Ingat juga yaa, jangan sekali-kali memberikan password BCA mobile ke orang tidak dikenal, temen-temen dekat, keluarga dekat sekalipun hanya pemilik BCA mobile saja yang tahu. 

Kenapa saya bilang begitu? Kita sudah masuk ke Generasi simpel zaman perkembangan Teknologi, maka maraknya kejahatan semakin meraja lela kapan saja dan dimana saja. Jadi temen-temen Kompasianer, tetap berhati-hati dan waspada dalam transaksi yaa. Mulailah selamatkan diri sendiri dan keluarga tercinta sekitar.

Amankan akun digital sebaik-baiknya (Foto: Kompas Ekonomi)

Amankan akun digital sebaik-baiknya (Foto: Kompas Ekonomi)

Sekarang temen-temen Kompasianer sudah tahu kan mamfaat yang di berikan BCA ini, jadi tunggu apa lagi segera buka tabungan BCA tanpa perlu ke kantor cabang dimana pun kapan pun berada dan hanya melalui m-BCA. Untuk informasi lengkapnya bisa kunjungi fitur Cardless. Dan jika ada informasi yang perlukan, bisa hubungi di:

  • Halo BCA: 1500888
  • Email: halobca@bca.co.id
  • Twitter: @HaloBCA
  • WhatsApp Bussiness: 08111500998

Sumber: kompasiana.com

Editor: tom.