HETANEWS

Jadi Orang Terkaya Dunia, Bill Gates Geser Jeff Bezos

Bill Gates kembali jadi orang terkaya dunia. (foto: Instagram @thisisbillgates)

Jakarta, hetanews.com - Bill Gates kembali ke puncak, Dalam daftar Indeks Miliarder Bloomberg yang dirilis Jumat (16/11), Gates tercatat melampaui CEO Amazon, Jeff Bezos. Dengan jumlah kekayaan bersih US$110 miliar, Gates tercatat sebagai orang terkaya dunia.

Inilah kali pertama pendiri Microsoft itu ada di posisi puncak setelah dua tahun. Pada September lalu, gates sempat mengalahkan Bezos setelah Amazon melaporkan penurunan keuntungan selama 3 bulan sebesar 28%. Meskipun demikian, kemenangan Gates saat itu tak berlangsung lama.

Kali ini, pebisnis dan pilantrof itu kembali ke puncak karena saham Microsoft naik nyaris 48% tahun ini. Faktor lainnya ialah kemenangan Microsoft atas Amazon dalam kontrak cloud-computing dengan Pentagon senilai US$10 juta pada Oktober lalu.

Di sisi lain, Bezos baru saja membayarkan sejumlah besar sahamnya di Amazon untuk penyelesaian perceraiannya dengan MacKenzie Bezos. Meskipun demikian, Bezos masih ada di nomor dua orang terkaya dunia dengan jumlah kekayaan bersih US$108,7 miliar.

bill gates

Bill Gates ada di puncak daftar dengan kekayaan US$110 miliar. (foto: Instagram @thisisbillgates)

CNN Business menyebut Gates baru-baru ini menanggapi politikus Demokrat, Senator Elizabeth Warren, tentang besaran pajak yang seharusnya ia bayarkan. Ia mengatakan bahwa ia telah membayar pajak lebih dari US$10 juta. Ia bahkan tak masalah jika harus membayar pajak hingga US$20 juta. Namun, jika diharuskan membayar pajak US$100 juta, ia mungkin akan berpikir ulang dan berhitung berapa pendapatan yang tersisa untuknya.

Dalam daftar yang dirilis Bloomberg, 3 dari 5 nama teratas diisi pengusaha di bidang teknologi. Selain Gates dan Bezos, ada nama Mark Zuckerberg di posisi 5. Posisi 3 diisi Bernard Arnault asal Prancis. Sementara itu, pengusaha Warren Buffett ada di posisi keempat

Sumber: merahputih.com

Editor: tom.