HETANEWS

Hadiri ADMM dan Bertemu Menhan Negara ASEAN, Apa Yang Dibahas Prabowo

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto

Jakarta, hetanews.com - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menghadiri ASEAN Defence Ministers' Meeting (ADMM) di Bangkok, Thailand, Minggu 17 November 2019. Dalam kesempatan tersebut, Prabowo menekankan pentingnya posisi ASEAN di kawasan Indo-Pasifik. 

Dalam kunjungan luar negerinya sebagai Menteri Pertahanan, Prabowo juga melakukan pertemuan dengan menteri dari negara ASEAN lainnya. Sebelumnya Prabowo diketahui sempat bertemu dengan Menteri Pertahanan Mohamad Sabu di Kuala Lumpur.

Prabowo juga membicarakan soal rencana pemindahan ibu kota dari Jakarta ke pulau Kalimantan. Diketahui bahwa wilayah Indonesia dan Malaysia berbatasan di pulau tersebut yakni Sabah dan Sarawak.

"Saya diminta Presiden Jokowi untuk memastikan hubungan yang erat antara Malaysia dan Malaysia dan kalau bisa memperkuat hubungan itu," kata Prabowo. 

Selain itu kemarin, Prabowo juga bertemu dengan Menteri Pertahanan yang juga Anggota Politbro Vietnam Jenderal Ngo Xuan Lich dan Wakil PM Thailand Prawit Wongsuwan di sela-sela hajatan ADMM di Bangkok, Thailand.

Dalam pertemuan dengan Menhan Vietnam sebagaimana dilansir laman Vietnamplus, kedua menteri membicarakan pentingnya menjajaki kerja sama baru dan pertukaran lanjut dalam hal delegasi, personel latihan dan riset.

Dalam pertemuan dengan Menhan Vietnam dibahas pula mengenai masalah pencurian ikan dan penangkapan nelayan masing-masing negara yang bisa dibekuk di perairan lantaran dugaan pencurian ikan. Keduanya sepakat bahwa pendekatan humanis diperlukan tanpa mengesampingkan penegakan hukum-hukum internasional.

sumber: vivanews.com

Editor: sella.