HETANEWS

Pengedar Narkoba Diamankan Polisi, Sempat Sembunyi di atas Atap Rumah Tetangganya

Tersangka saat akan turun dari persembunyiannya. (foto/sutrisno)

Sergai, hetanews.com - Seorang pengedar sabu, Erwin Susanto alias Wiwin (30), warga Dusun IV Desa Jambur Pulau (Jampul), Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), mencoba kabur dan bersembunyi di atas atap rumah tetangganya.

Pria yang diketahui seorang pengangguran ini, akhirnya ditangkap Satuan Reserse Narkoba Polres Sergai, di Dusun IV Desa Jambur Pulau, Kecamatan Perbaungan, Sabtu (16/11/2019) sore lalu.

Barang bukti yang diamankan dari rumah pelaku, berupa 1 plastik klip berisi kristal diduga sabu berat bruto 0,13 gram, 1 plastik klip berisi kristal diduga sabu berat 0,13 gram, total berat brutto 0,28 gram, 1 mancis warna biru terpasang jarum,  1 mancis warna hijau, 7 bal plastik klip kosong, 1 alat hisap terakit/bong, uang tunai Rp 350.000 dan 1 dompet warna coklat.

Kapolres Sergai, AKBP H Juliarman Eka Putra Pasaribua, S.Sos, SIK, M.Si, melalui Kasat Res Narkoba, AKP Martualesi Sitepu, kepada wartawan,  melalui  WhatsApp, Minggu (17/11/2019), mengatakan, penangkapan pengedar narkoba itu, menindak lanjuti keresahan masyarakat di Dusun IV Desa Jambur Pulau Perbaungan.

Lalu petugas melakukan undercover buy, membeli narkoba jenis sabu seharga Rp.100.000, dan petugas memfoto nomor seri uang tersebut yaitu Rp 50.000 2 lembar, untuk mengecek kebenaran tentang jual beli narkoba, di Dusun IV Jambur Pulau.

Selang 20 menit berjalan, kata AKP Martualesi Sitepu, undercover buy datang dan memberikan hasil membeli dari orang tersebut yang menjadi target, dan petugas bergegas ke Tempat Kejadian Peristiwa (TKP) dan 10 menit dari perjalanan ke TKP, petugas berhenti di depan rumah yang menjadi target.

Barang bukti yang diamankan petugas. (foto/sutrisno)

Spontan, tersangka melarikan diri dari rumah orang tuanya, dan berlari ke samping rumah keluarganya atau kakak sepupu, dan tersangka bersembunyi di atas plapon rumah.

Petugas didampingi Kaur Desa, untuk melihat rumah kakak sepupunya.

Dan petugas mengecek ke plafon rumah, dan melihat tersangka sembunyi, dan petugas menyuruhnya turun.

Parahnya, tersangka malah mau memukul petugas pakai galah.

Selanjutnya, petugas menyuruh turun dan tersangka malah lari dari atas rumah, dan bersembunyi di plafon teras rumah.

Kemudian tersangka juga naik ke atas seng rumah, dan petugas  menyuruh turun. Tersangka kembali memegang batu dan mau melempar petugas.

Akhirnya petugas berhasil menurunkan tersangka dan mengamankannya ke Mapolres Sergai untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, jelas Kasat Res Narkoba.

Dan tersangka akan dijerat dengan Pasal 114 Sub 112 UU RI No.35 Tahun 2009 dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara, ungkap Kasat.

Penulis: sutrisno. Editor: gun.