HETANEWS

Pelantikan DPD Lira Simalungun Diundur, Ini Jadwalnya

Pengurus Lira Kabupaten Simalungun, Sabtu (16/11/2019)

Siantar, hetanews.com - Pelantikan pengurus DPD Lumbung Informasi Rakyat (Lira) Kabupaten Simalungun diundur. Hal itu disampaikan oleh panitia pelantikan dan para pengurus DPD Lira Kabupaten Simalungun saat temu Pers, Sabtu (15/11/2019). 

Seogiayanya pelantikan DPD periode 2019-2022 yang terpilih secara aklamasi ini, digelar Selasa 19 November 2019. Rencana pelantikan kemudian diundur, sebab Presiden Lira, HM. Jusuf Rizal berhalangan hadir.

Dikatakan, Presiden sekaligus Pendiri Lira itu sedang fokus membahas isu tentang radikalisme dan intoleransi. Akhirnya pelantikan dijadwalkan  pada Kamis 28 November 2019,  diselenggarakan di Lapangan Kodim 02/07 Jalan Asahan Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun.

"Kami terpaksa menunda pelantikan ini karena Presiden ada membahas persoalan yang lebih besar. Ada kegiatan nasional membahas isu-isu tentang radikalisme dan intoleransi. Kami juga diminta untuk membahas isu ini," katanya Bupati Lira, Hotman Petrus Simbolon.

Bupati Lira Simalungun terpilih ini menyampaikan, Instruksi tentang radikalisme dan intoleransi juga disampaikan DPP Lira ke seluruh DPD Lira se-Indonesia. 

Dijelaskannya, Lira juga akan melaksanakan kegiatan seminar menangkal hoax dalam mengantisipasi bentuk radikalisme. Kegiatan itu merupakan agenda Presiden RI Joko Widodo untuk menjaga kondusifitas negara. 

Untuk itu, kata Hotman, Lira menjadi bagian dalam memerangi hoax. Ia juga segera mensosialisasikan kegiatan Lira dalam memerangi hoax. 

"Ada kegiatan undangan seminar deklarasi media online indonesia memerangi hoax dan radikalisme yang diagendakan presiden Jokowi. Gagasan utama bahwa Presiden Lira bagian yang diutamakan," Ujarnya.

Hotman juga meminta maaf kepada seluruh undangan atas penundaan pelantikan pengurus DPD Simalungun. Ia mengatakan pelantikan akan melibatkan Pemerintah Kota Siantar dan Kabupaten Simalungun beserta tokoh masyarakat.

Selain Hotman, dalam temu pers ini dihadiri beberapa pengurus Lira yaitu Sekda Agus Turnip, Jaryono Opungsungguh, dan pengurus Lira periode 2019-2022.

Baca juga: LSM LIRA Mendesak Dirut PDAM Tirta Lihou Dicopot, Ini Alasannya

Penulis: gee. Editor: edo.