HETANEWS

5 Minuman yang Baik untuk Diabetes

Minuman yang bagus untuk penderita diabetes (Foto: Pixabay/Stevepb)

Jakarta, hetanews.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sekitar 1,6 juta kematian disebabkan oleh diabetes pada 2016. Ssementara International Diabetes Federation (IDF) Altas mencatat Indonesia adalah negara dengan jumlah diabetes tipe 2 terbanyak keenam di dunia tahun 2017 setelah Cina, India, Amerika Serikat, Brazil dan Meksiko.

Diabetes adalah penyakit kronis yang terjadi ketika pankreas tidak bisa memproduksi cukup insulin. Penyakit ini juga dapat terjadi ketika tubuh tidak dapat menggunakan insulin yang dihasilkannya. Oleh karena itu sangat penting untuk mengontrol asupan makanan. The American Diabetes Association menyarankan mengonsumsi minuman rendah kalori untuk mencegah lonjakan kadar gula darah.

Nah, dilansir dari Boldsky berikut ini minuman terbaik untuk penderita diabetes. 

1. Teh Liquorice

Teh akar manis (Foto: Pixabay/gate74)

Teh akar manis (Foto: Pixabay/gate74)

Liquorice atau akar manis adalah ramuan yang dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan termasuk menurunkan kadar gula darah.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi ekstrak akar manis membantu mengurangi kadar gula darah pada penderita diabetes.

2. Air putih

Air putih (Foto: Pixabay/rawpixel)

Air putih (Foto: Pixabay/rawpixel)

Penderita diabetes harus minum air yang cukup untuk membantu tubuh menghilangkan kelebihan glukosa melalui urin.

Sebuah penelitian mengungkapkan, minum air putih dalam jumlah banyak menurunkan risiko diabetes tipe 2. Institute of Medicine merekomendasikan perempuan untuk minum 9 gelas air dan pria harus minum 13 gelas air.

3. Kopi

Kopi (Foto: Pixabay/cocoparisienne)

Kopi (Foto: Pixabay/cocoparisienne)

Para peneliti menemukan bahwa orang yang minum dua hingga tiga cangkir kopi per hari dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Kopi mengandung komponen aktif seperti asam kuinat, asam klorogenat, lignan secoisolariciresinol dan trigonelin yang dikatakan dapat meningkatkan metabolisme glukosa.

4. Susu

Susu (Foto: Pixabay/Couleur)

Susu (Foto: Pixabay/Couleur

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa mengonsumsi susu dan produk susu selama masa remaja dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2.

5. Teh hijau

Teh hijau (Foto:  Pixabay/rawpixel)

Teh hijau (Foto: Pixabay/rawpixel)

Studi penelitian menunjukkan bahwa minum teh hijau dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Hal itu karena antioksidan polifenol yang ada di dalamnya. Penderita diabetes harus minum teh hijau karena membantu fungsi sistem metabolisme yang lebih baik.

Sumber: merahputih.com

Editor: tom.