HETANEWS

Ma'ruf Amin: Kalau Keluarganya Berantakan Pasti Bangsa Juga

 Jakarta, hetanews.com - Pemerintah mewacanakan sertifikasi pranikah untuk pasangan yang hendak menikah. Wakil Presiden Ma'ruf Amin menilai memang penting adanya semacam pelatihan pranikah, khususnya untuk mencegah gizi buruk atau kekerdilan (stunting) pada anak.

"Karena supaya ketika dia nikah itu dia sudah siap mental dan fisik, terutama dalam menghadapi kemungkinan pencegahan stunting. Stunting itu kan sejak hamil, itu harus diatasi sejak hamil, maka sosialisasinya harus sebelum hamil," kata Ma'ruf di Istana Wapres, Jakarta, Jumat 15 November 2019.

Ma'ruf menjelaskan lagi, membangun keluarga merupakan sesuatu yang sangat penting sehingga juga disoroti pemerintah. Karena keluarga disebutnya merupakan miniatur sebuah bangsa.

"Kalau rumah tangganya berantakan itu, pasti bangsa berantakan. Karena itu unit terkecil ini menjadi penting untuk dipersiapkan," ujar Ma'ruf.

Sementara mengenai bentuk sertifikasinya, menurutnya hal itu bisa dibicarakan nanti. Pemerintah juga menurutnya belum membahas secara teknis hal tersebut.

Menurut Ma'ruf, masyarakat juga tidak perlu takut jika tidak punya sertifikat maka tidak boleh nikah. Ma'ruf menyoroti yang terpenting calon pasangan suami istri melalui bimbingan sebelum nikah.

"Bukan berarti yang enggak punya sertifikat enggak boleh nikah, ini menakutkan. Substansinya (bimbingan) yang kita pentingkan," kata Ma'ruf.

sumber: vivanews.com

Editor: sella.