HETANEWS
CITIZEN JOURNALISM

Petani & Babinsa Trawas Rutin Lakukan Perawatan Tanaman Padi

Tampak Babinsa Koramil Trawas Sertu Sudarman saat mendampingi petani menyiangi gulma di Desa Jatijejer

Mojokerto, hetanews.com - Babinsa Koramil 0815/17 Trawas Kodim 0815 Mojokerto Sertu Sudarman melaksanakan pendampingan perawatan tanaman padi di areal persawahan yang dikelola Poktan Langgeng Santoso II, Desa Jatijejer Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Rabu (13/11/2019).

Di lahan seluas 4.000 meter2 atau 0,4 hektar yang ditanami jenis padi Ciherang milik Sucipto, kali ini dilakukan penyiangan gulma dan rumput liar sekaligus pengamatan hama, penyakit dan organisme pengganggu tanaman (OPT) lainnya.

Saat ditemui di lapangan Sertu Sudarman mengungkapkan perawatan tanaman padi sangatlah penting dilakukan karena jika hal ini diabaikan maka hasil produksi panen tidak bisa maksimal.

Dirinya turun langsung berbaur bersama petani menyiangi gulma/rumput liar sekaligus melakukan pengamatan hama dan penyakit serta OPT lainnya.  Alhamdullilah tanaman padi milik Pak Sucipto hingga saat ini tidak ditemukan tanda-tanda adanya serangan hama penyakit tanaman.

“Hal ini karena selama masa pertumbuhan, rutin dilakukan penyiangan gulma, memupuk tanaman secara berimbang dan penyemprotan menggunakan herbisida dan fungisida yang sudah dikonsultasikan dengan PPL,” terang Sertu Sudarman

Masih kata Sertu Sudarman menjelaskan kegiatan pendampingan yang dilakukannya merupakan bagian dari upaya khusus (Upsus) ketahanan pangan demi percepatan pencapaian swasembada pangan di wilayah binaannya.  

Selain itu, lanjutnya, kegiatan pendampingan ini juga bertujuan untuk memotivasi para petani supaya meningkatkan produktifitas panen, yang dengan sendirinya akan berdampak positif bagi peningkatan kesejahteraan petani itu sendiri.

Penulis: Anan Al-Karawangi. Editor: anto.