HETANEWS

Prediksi Portugal Vs Lithuania: Ujian Mencairkan Beban Juara Bertahan

Kapten Timnas Portugal Cristiano Ronaldo (tengah) dan rekan-rekannya berlatih di Algarve Stadium, Faro, jelang meladeni Lithuania pada lanjutan Kualifikasi Euro 2020 Grup B di Estadio Elgarve, Jumat (15/11/2019) dini hari WIB.

Inggris, hetanews.com = Sebagai juara bertahan, Timnas Portugal terbebani status sebagai unggulan. Beban ini perlu dicairkan demi memastikan kemenangan atas Lithuania pada lanjutan Kualifikasi Euro 2020 Grup B di Estadio Elgarve, Jumat (15/11/2019) dini hari WIB.

Dari enam pertandingan yang sudah dijalani, Portugal meraih tiga kemenangan, serta dua hasil imbang dan satu kekalahan. Mereka terjegal saat takluk 1-2 dari Ukraina, Oktober lalu. Akibatnya,posisi juara Euro 2016 itu masih belum aman.

Saat ini Portugal berada di tempat kedua Grup B dengan poin 11, tertinggal delapan angka dari Ukraina. Meski begitu, Pelatih Selecao das Quinas Fernando Santos yakin timnya bisa segera bangkit dan meraih poin penuh saat bertemu Lithuania serta Luksemburg.

“Tidak ada namanya pertandingan sulit. Tingkat kesulitan laga tergantung bagaimana permainan kami. Saya sadar kami merupakan unggulan, dan kami harus menunjukkannya di lapangan,” kata Santos di laman resmi Portugal.

Juru taktik berusia 65 tahun itu yakin Lithuania bakal memiliki motivasi tambahan untuk bisa mengalahkan juara bertahan. Meski begitu, dia mengakui sudah bisa menduga permainan seperti apa yang bakal ditampilkan lawannya. 

Santos mengindikasikan Portugal akan tampil ofensif. Itu terlihat dari keputusannya memanggil empat striker untuk pertama kalinya di kualifikasi ini. Mereka adalah Cristiano Ronaldo, Eder, Andre Silva, dan Goncalo Paciencia.

“Kami yakin akan menjalani dua pertandingan sisa dengan baik dan meriah kemenangan. Lawan kami memiliki motivasi ekstra untuk mengalahkan juara Euro dan Nations League. Kami tahu mereka akan berusaha untuk bertahan dan mengejutkan dengan serangan balik,” ujarnya.

Sementara itu, Pelatih Lithuania Valdas Urbonas akan berusaha untuk membatasi pergerakan Cristiano Ronaldo. Selain itu, Urbonas juga berharap skuatnya dapat bertahan dengan rapih. Pasalnya, mereka selalu kalah ketika bertemu Portugal.

“Kami tidak hanya harus berkonsentrasi kepada Ronaldo, tetapi juga mencoba untuk memperbaiki pertahanan agar lebih terorganisir. Kami tidak akan bisa mendominasi permainan, sehingga harus bersabar, disiplin dan fokus,” tutur Urbonas.

PERKIRAAN PEMAIN 
PORTUGAL (4-3-3) 
 
Rui Patricio; Ricardo Pereira, Ruben Dias, Jose Fonte, Guerreiro; Ruben Neves, Joao Moutinho, Bruno Fernandes, Bernardo Silva; Andre Silva, Goncalo Paciencia 
Pelatih: Fernando Santos

LITHUANIA (4-2-3-1)  
Setkus; Mikoliunas, Girdvainis, Klimavicius, Andriuskevicius; Kuklys, Simkus; Lasickas, Slivka, Novikovas; Cernych 
Pelatih: Valdas Urbonas

REKOR PERTEMUAN 
11/09/2019, Kulifikasi Euro, Lithuania 1-5 Portugal 
06/06/2004, Uji Coba, Portugal 4-1 Lithuania 
16/08/2000, Uji Coba, Portugal 5-1 Lithuania

Prediksi: 65-35

sumber: inews.id

Editor: sella.