HETANEWS

Dinas PUPR Sumut Sosialisasi Rencana Pembangunan Tol Tebing Tinggi-Kisaran

Asisten I Provinsi Sumatera Utara, H. Afifi Lubis (tengah) saat berfoto bersama perwakilan dari BPN Provinsi Sumatera Utara, Dewi (nomor 5 dari kanan), Asisten I Pemerintah Kabupaten Simalungun, Ramadhan Damanik (nomor 3 dari kanan), usai sosialisasi dan konsultasi publik rencana pembangunan jalan tol Tebing Tinggi-Kisaran seksi I, di Balai Karya Murni Perdagangan Kecamatan Bandar.

Simalungun, hetanews.com – Pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Sumatera Utara (Sumut), melalukan sosialisasi dan konsultan publik rencana pembangunan tol Tebingtinggi-Kisaran, seksi 1 Indrapura-Limapuluh, di Balai Karya Murni Perdagangan, Kecamatan Bandar, Kabupaten Simalungun, Selasa (12/11/2019), lalu.

Turut hadir pada pertemuan tersebut, Kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi Sumut, H. Afifi Lubis, Asisiten I Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun, Ramadhan Damanik, perwakilan BPN Sumut, Dewi, Camat Bandar, Amon Charles Sitourus, Pangulu Nagori Sugaranbayu dan Sodotan, serta masyarakat yang terkena dampak pembangunan jalan tol.

Afifi Lubis, pada pertemuan itu, mengatakan, sesuai program pemerintah pusat dalam percepatan pembangunan infrastruktur jalan, dan sebagai perpanjangan pemerintah pusat, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara mengajak masyarakat agar turut berperan dalam mensukseskan program pemerintah pusat, melalui proyek strategis nasional pembangunan jalan tol.

Tujuan pembangunan jalan tol, guna menghubungkan jalan Sumatera, sehingga dapat mempersingkat jarak dan waktu, sehingga transportasi berjalan lancar.

Untuk inilah, pemerintah mengadakan sosialisasi dan konsultasi kepada masyarakat yang terkena dampak pembangunan.

Dan bila sudah sepakat, bahwa masyarakat juga mendukung pembangunan jalan tol, maka Pemerintah Provinsi Sumatera Utara akan memetakan daerah menjadi lokasi pembangunan jalan tol dan tanah warga yang terkena dampak akan diganti rugi oleh negara, ucapnya.

Menurut Afifi, pembangunan jalan tol Tebing Tinggi-Kisaran seksi I, yakni Indrapura-Limapuluh, rencananya panjang jalan tol yang akan dibangun sekitar 15 kilo meter dan untuk Tebing Tinggi-Kisaran akan dibangu sepanjang 60 kilo meter.

Dan di sekitar Nagori Sugarangbayu akan menjadi pintu tol, sehingga warga sekitar yang hendak pergi ke Medan, Tebing Tinggi, dan Kisaran, bisa melalui pintu tol tersebut, jelasnya.

Ramadhan Damanik mengatakan, pihaknya (Pemkab Simalungun,red) meminta warga Nagori Sugarangbayu dan Nagori Sidotani untuk mendunkung pembangunan jalan tol yang merupakan proyek strategis nasional.

Kabupaten Simalungun sangat beruntung mendapat sentuhan pembangunan jalan tol yang tentunya menjadi fasilitas transportasi bagi warga Simalungun, ucapnya.

Usai acara pertemuan tersebut, warga dari dua nagori yang terkena dampak pembangunan jalan tol, menandatangani surat mendukung pembangunan jalan tol tersebut.

Penulis: tim. Editor: gun.