HETANEWS

Gebyar Maulid Nabi Muhammad 1441 H di Lapas Siantar, Kalapas Menangis Lihat Warga Binaannya

Kalapas, Porman Siregar saat memberikan hadiah kepada pemenang lomba yang merupakan warga binaan. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Ribuan warga binaan Lapas Klas IIA Pematangsiantar, mengikuti gebyar Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H, Rabu (13/11). Peringatan itu diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh Adelia (Napi).

Kalapas, Porman Siregar, saat menyampaikan bimbingan, menangis melihat warga binaan yang ternyata bisa melafazkan dan melantunkan Asmaul Husna, mengumandangkan azan dan melaksanakan fardhu kifayah dengan begitu baik, serta melantunkan lagu - lagu nasyida. Harapannya, jika bebas nanti dapat kembali menjadi manusia yang baik.

"Biarlah menjalani hukuman di di dunia, mudah - mudahan lunas di akhirat,"kata Porman.

Porman juga secara singkat menyampaikan pengalamannya saat baru bertugas. Dia mengaku terheran - heran dengan ucapan dan prilaku warga binaan. Dari 2200 penghuni Lapas, 80 persen kasus narkoba.

Jadi "Tolong jangan kotori tempat ini, saya yang berdosa jika membiarkan sabu ada di Lapas,"ungkapnya.

Dikatakan Porman, jika ingin lebih baik, maka dari diri sendiri, dan dimulai dengan pembinaan mental, melalui kegiatan keagamaan, dan perbaikan tempat ibadah. Dan setiap hari diadakan pengajian bagi yang Islam, kebaktian bagi Kristen dan bimbingan keagamaan agama Budha, ujarnya.

Pembinaan mental dirasakan berhasil, banyak warga binaan menjadi lebih baik, lebih tertib dan lebih bersih dibawah kepemimpinan Porman Siregar.

Pembangunan rumah ibadah dan kegiatan keagamaan dilaksanakan berdasarkan sumbangsih pegawai yang gajinya siap dipotong untuk kegiatan keagaman.

Meski demikian, Porman berharap perhatian kedua pemerintah daerah untuk secara bersama peduli dengan pembangunan Lapas yang sudah over kapasitas, 3 kali lipat.

Porman merasa bersyukur meski diawal kinerjanya sudah disoroti berbagai media, tapi hal itu menjadikannya lebih baik. "Kepada media diharapkan menyajikan berita yang akurat, jangan yang jelek saja karena banyak juga yang baik yang bisa diberitakan dari Lapas,"katanya.

Sebelumnya, laporan ketua panitia, M Hidayatullah mengatakan, gebyar Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, yaitu lomba azan, lomba sholat jenazah,  lomba azan,  lomba Tahfiz,  lomba mujawwad Al-Qur'an,  lomba lantunan Asmaul Husna,  lomba sholat jenazah, khotbah Jumat,  cerdas cermat dan  lomba fashion show busana muslim.

Diikuti  185 NPP warga binaan dengan  tim juri dari Kemenag, katanya.

Tausiah disampaikan Al Ustad M Khoir dari Medan yang pada intinya mengajak ummat manusia untuk berprilaku mulia, seperti Nabi Muhammad SAW.

Kepada pemenang lomba, diberikan hadiah dan trophy. Hadir dalam acara tersebut, Ketua PN,  Danar Dono SH, Kasi Pidum, M Irvan Maulana SH, dan mewakili Bupati, mewakili Walikota, Kapolsek Bangun dan para undangan.

Penulis: ay. Editor: gun.