HETANEWS

Dituntut Jaksa 7 Tahun, Penjual Sabu dan Ganja Minta Diringankan

Petugas Helmy SH, membawa terdakwa menuju sel tahanan. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Jaksa Ade Jaya Ismanto SH, pada Kejaksaan Negeri (Kejari) Simalungun, menuntut terdakwa Hendrik P.Nainggolan (29), selama 7 tahun penjara, denda Rp 1 Milyar subsider 3 bulan penjara.

Anacaman hukuman itu, dibacakan JPU, di Pengadilan Negeri (PN) Simalungun, Rabu (13/11/2019).

Warga Huta II, Nagori Kerasaan Rejo, Kecamatan Bandar ini, dipersalahkan jaksa dengan pasal 114  (1) UU RI No 35 tahun 2009 tentang narkotika.

Saat ditangkap Polsek Perdagangan, pada Minggu (19/5/2019), lalu, disita 3 paket ganja dan 7 paket sabu yang disimpan didalam stang sepeda motor Suzuki Satria yang dikendarainya.

Sabu sebanyak itu, diakuinya, dibeli dari Yudi  (DPO), di Huta III Simpang Wiron Kerasaan, seharga Rp 500 ribu dan dibagi menjadi 7 paket untuk dijual.

Sedangkan ganja, dibeli dari Darma Pandiangan als Laok (DPO), di Huta II Simpang Pelita Kerasaan seharga 20 ribu.

Lalu terdakwa pergi ke sebuah warung dan menunggu pembeli. Saat itu, petugas yang telah mendapatkan informasi langsung menangkap terdakwa bersama barang bukti sabu, seberat 1,38 gram (bruto) dan ganja seberat 1,24 gram.

Didampingi pengacara, Sintong Sihombing SH dari Posbakum PN Simalungun, terdakwa memohon kepada hakim, agar hukumannya diringankan, dengan alasan menyesal dan berjanji tidak akan mengulanginya.

Untuk pembacaan putusan, Novarina Manurung SH, selaku ketua majelis hakim, didampingi hakim anggota, Hendrawan dan Mince, menunda sidang hingga sepekan. 

Penulis: ay. Editor: gun.