HETANEWS

Tugu Raja Siantar Terbengkalai, Dianggap Penistaan Berkelanjutan

Siantar, hetanews.com - Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Pematangsiantar, Suandi Apohan Sinaga, menilai terbengkalainya pembangunan tugu Raja Siantar Sang Naualuh Damanik adalah penistaan berkelanjutan. Kata Suandi, masyarakat etnis Simalungun di Pematangsiantar akan menggelar pertemuan untuk menyikapi persoalan tersebut.

"Tugu itu terbengkalai kami anggap penistaan. Berkelanjutan, mulai dari penistaan etnis yang pernah dipergunakan DPRD Hak Angket itu dulu, sudah mempunyai Pansus,".

"Bagi kami masyarakat etnis Simalungun, itu penistaan yang berkelanjutan dengan pembangunan tugu Sang Naualuh yang terbengkalai," tegas Suandi ditemui, Rabu (13/11/2019).

Suandi menjelaskan, melalui pandangan Fraksi PDI Perjuangan, pihaknya juga mempertanyakan kelanjutan pembangun tugu kepada Walikota Hefriansyah. 

Baca juga: Fraksi Gerindra Soroti Bangunan Mangkrak Di Kota Siantar

Dengan itu, kata Suandi, mereka akan menggelar pertemuan setelah ada jawaban dari Walikota Hefriansyah, yang akan disampaikan melalui rapat Paripurna R APBD 2020. 

"Awal Desember tahun ini, himpunan masyarakat etnis Simalungun, KNPSI, Partuha Maujana akan semua rapat besar," tegasnya.

Terpisah, Sekretaris Partuha Maujana Simalungun [PMS] Pematangsiantar, Rohdian Purba, mengkritik terbengkalainya pembangunan tugu di Lapangan Adam Malik tersebut.

"Bukan Simalungun saja yang dinista. Tetapi DPRD-nya juga ikut dinista. Apa yang ditetapkan pemerintah saja tidak dijalankan. Itu kan uang rakyat melalui persetujuan DPRD untuk pembangunan, tapi diberhentikannya. Jadi siapa yang dilecehkannya? Kan, masyarakat, uang APBD yang dipakai untuk pembangunan [tugu] itu kan uang masyarakat" tukasnya.

Rohdian meminta Anggota DPRD periode 2019-2024 yang terpilih saat ini, konsisten dalam menyuarakan kelanjutan pembangunan tugu Sang Naualuh.

"Kita berharap ke anggota DPRD yang sekarang ini tolong dong konsisten. Mumpung tahun ini anggaran [pembangunan tugu] yang diketok [DPRD] periode sebelumnya, biar ditindak lanjuti," jelasnya.

Baca juga: Hari Ini Tepat Satu Tahun Tugu Sang Naualuh Mangkrak

Penulis: gee. Editor: edo.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.