Tanjungbalai, hetanews.com - Pembinaan teritorial atau Binter adalah kegiatan yang dilaksanakan dalam membangun kembali kebudayaan toleransi dan kebersamaan sesama anak bangsa. Pemkot Tanjungbalai menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan Binter dalam memperkokoh jalinan silaturrahmi dan kebersamaan antara TNI dengan masyarakat.

Hal ini disampaikan Wali Kota Tanjungbalai, M Syahrial saat menghadiri sekaligus membuka acara pembinaan teritorial (Binter) Kodim 0208 Asahan Tahun 2019 yang merupakan program bakti sosial Kodim 0208 Asahan yang diperuntukkan bagi masyarakat kurang mampu di GOR Tanjungbalai (Senin, 11/11/2019)

Keberadaan TNI sangat penting dalam menjaga keutuhan NKRI, hal ini dapat terlihat hingga saat ini TNI masih dihati rakyat terutama masyarakat Kota Tanjungbalai. Tugas kita saat ini adalah mengisi kemerdekaan dengan kegiatan positif dan memperkokoh nilai perjuangan pahlawan untuk memperkuat NKRI, sebut Walikota.

Adapun bakti sosial ini berupa sunat masal, pemberian sembako berupa beras, minyak goreng, mie instan, telur, sandang pangan, kegiatan donor darah yang dilakukan PMI Cabang Kota Tanjungbalai, Pemeriksaan dan pengobatan Kesehatan Gratis oleh Dinas Kesehatan Kota Tanjungbalai.

Dandim 0208/AS, Letkol Inf Sri Marantika Beruh dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini adalah bentuk bantuan sosial kepada masyarakat kurang mampu. Ini bukti keseriusan TNI dalam mengayomi masyarakat.  "Kami dari Kodim akan selalu siap membantu masyarakat dalam bentuk sosial dan juga keamanan demi kenyamanan masyarakat Kota Tanjungbalai," ucap Dandim.

Lanjut Dandim, fungsi utama TNI AD dengan metode komunikasi sosial, pembinaan teritorial untuk menjalin hubungan harmonis dengan komponen bangsa untuk mengantisipasi munculnya paham radikalisme dan sparatisme.

"Untuk itu saya mengajak kita semua yang hadir dalam kesempatan ini jadilah insan penerus perjuangan dan pengisi perjuangan," sebutnya

Acara diakhiri dengan foto bersama dan pemberian buku Grand Desain Kependudukan yang berisi program pembangunan kependudukan jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek oleh Wali Kota Tanjungbalai kepada Forkopimda dan peninjauan kegiatan bakti sosial berupa pengobatan gratis, pemeriksaan kesehatan gratis donor darah, Sunatan Masal dan KB Kesehatan di halaman Gedung Serbaguna.

Turut hadir dalam acara Danrem 022 Pantai Timur diwakili Pasi Bhakti Mayor Inf Hendra, Ketua sementara DPRD Tanjungbalai Tengku Eswin, Kajari Tanjungbalai Anak Agung Gde Satya Marakandea, Danlanal TBA Letko Laut (P) Dafris, Wakapolres Tanjungbalai Kompol Edy Bona Sinaga, Sekertaris Daerah Kota Tanjungbalai Yusmada, Pimpinan OPD Pemkot Tanjungbalai, OKP, Ormas, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan pelajar se Kota Tanjungbalai.