HETANEWS

Miliki 11 Paket Sabu, Pria Paruh Baya Terancam 15 Tahun Kurungan

Terdakwa saat digiring petugas ke sel tahanan. (foto/res)

Siantar, hetanews.com – Terbukti memiliki sabu seberat 50,76 gram, terdakwa Maswito alias Wito (56), dituntut 15 tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU), di Pengadilan Negeri (PN) Siantar, Selasa (12/11/2019), sekira pukul 14.30 WIB.

Terdakwa yang tinggal di Jalan Merpati, Kelurahan Sipinggol-pinggol, Kecamatan Siantar Barat ini, dinyatakan terbukti bersalah oleh jaksa Selamat Riadi, dan diancam dalam pasal 114 ayat (2) UU RI nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika.

Bukan hanya dituntut, di depan majelis hakim, Fyhtta Sipayung, M Iqbal dan M Nuzuli, terdakwa juga dikenakan denda sebesar Rp 1 Milyar,  subsider 1 tahun penjara.

Dalam penangkapan Maswito, bahwa pada hari Selasa, 23 Juli 2019, lalu, Maswito sedang memancing ikan, di Baliran dan menerima telefon dari seorang temannya, yang bernama Birong (belum tertangkap) dengan mengatakan kepada terdakwa, agar dirinya mengambil bungkusan plastik warna hitam, di samping Pangkas Mantap, di Jalan Merpati.

Kemudian terdakwa mengambil bungkusan tersebut, dan Birong menyuruh terdakwa Maswito, menyerahkan bungkusan yang berisi 11 paket sabu itu, ke Jalan Simbolon.

Ketika terdakwa sampai di jalan Simbolon dengan menggunakan sepeda motor Honda Blade, ternyata  sebuah mobil Avanza warna hitam sudah menunggu di pinggir jalan. Seketika itu, terdakwa mendekati mobil dan menyerahkan bungkusan plastik warna hitam.

Namun saat terdakwa menyerahkan bungkusan plastik tersebut dari pintu depan supir, dan tangan terdakwa dipegang oleh supir yang ternyata petugas kepolisian. Kemudian terdakwa dibawa ke Polres Siantar.

Penulis: res. Editor: gun.