HETANEWS

Dibayangi Kasus HAM, Prabowo dan Dubes Bahas Kunjungan ke AS

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menerima kunjungan Duta Besar AS untuk Indonesia Joseph R Donovan Jr

Jakarta, hetanews.com - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menerima kunjungan kehormatan dari Duta Besar Amerika untuk Indonesia, Joseph R Donovan Jr.

Prabowo langsung menyambut kedatangan Joseph saat Duta Besar itu tiba di Gedung Kementerian Pertahanan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (12/11) keduanya pun tampak saling bersalaman.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan pertemuan dua tokoh dari dua negara yang sudah lama bersahabat ini memang banyak membicarakan soal kerjasama di bidang pertahanan bagi kedua negara.

Dia juga menyebut, kemungkinan besar pertemuan ini juga membahas soal kunjungan Prabowo ke Amerika Serikat yang bisa dilakukan dalam waktu dekat.

"Perbincangan segala macam. Soal pertahanan kerja sama kedua belah negara, ya mungkin juga soal apa namanya soal kunjungan bisa begitu," kata Dasco di Jakarta.

Sebelum menjabat Menteri Pertahanan, Prabowo pernah ditolak masuk ke Amerika Serikat. Hal ini terjadi pada tahun 2000 lalu. Saat itu Prabowo hendak menghadiri wisuda putranya, Ragowo Hediprasetyo atau karib disapa Didit. Namun Prabowo justru ditolak untuk berkunjung ke negara Paman Sam itu.

Larangan kunjungan Prabowo ini diduga berkaitan dengan dugaan pelanggaran HAM berat dalam kasus kerusuhan Mei 1998 dan penculikan sejumlah aktivis mahasiswa. Prabowo sendiri telah membantah semua tuduhan yang dilayangkan kepadanya.

Lebih lanjut, Dasco sendiri mengaku belum bisa menyampaikan hasil pertemuan itu secara rinci. Sebab keduanya juga memang masih melangsungkan pertemuan.

"Karena sedang berlangsung saya kan enggak tahu yang diomongin apa. Nanti saya tanya ya," kata dia.

Selain Duta Besar Amerika Serikat, Prabowo juga kedatangan tamu lainnya yakni Duta Besar Arab Saudi. Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Esam A. Abid Althagafi pun telah tiba di kantor Kementerian Pertahanan.

Sumber: CNNindonesia.com 

Editor: suci.