HETANEWS

Tim Pidsus Kejari Siantar Limpahkan Berkas Perkara KUBE ke PN Tipikor

Kasi Pidsus Dostom Hutabarat SH. (foto/ay)

Siantar, hetanews.com - Tim Pidsus Kejari Pematangsiantar telah melimpahkan berkas perkara dugaan korupsi dana kelompok usaha bersama (KUBE) ke Pengadilan Tipikor Medan.

Demikian dikatakan Kasi Pidsus, Dostom Hutabarat SH, yang dikonfirmasi wartawan, Selasa (12/11/2019), di ruang kerjanya.

"Sudah kita limpahkan ke Pengadilan Tipikor pada Jumat (8/11/2019). Tim jaksa tinggal menunggu penetapan tanggal sidangnya,"jelas Dostom.

Tersangka CP (61), bertempat tinggal di jalan Pdt.JW Saragih, masih mendekam di Lapas Klas IIA Siantar, sebagai titipan JPU.

Untuk selanjutnya, status tahanannya akan ditetapkan hakim Tipikor, di Siantar atau di Tanjung Gusta Medan.

Menurut Dostom, tim JPU yang akan menyidangkan perkara itu, Dostom Hutabarat SH, Dede Wiradzaky Setiawan SH, Christianto Situmorang SH, Robert Damanik SH dan Firdaus Maha SH.

Terdakwa dijerat dengan pasal 2, pasal  3 (1) dakwaan pertama atau kedua, pasal 12 huruf e Jo pasal 18 UU No.31/1999 yang telah dirubah dengan UU No.20/2001 tentang korupsi.

Baca juga: Penyidik Serahkan Tersangka Dugaan Korupsi KUBE ke Jaksa

Tersangka diduga menerima sejumlah uang dari dana KUBE tahun 2013 saat dirinya menjabat sebagai Kabid Kesra Bansos dan Resos Dinsosnaker. Kerugian Negara mencapai Rp 399 juta.

Dalam kasus ini, tim jaksa telah memberikan beberapa petunjuk untuk pengembangan kasus. Karena tidak tertutup kemungkinan akan ada tersangka lainnya, termasuk Baren Alijoyo (BA) agar diperiksa. 

"Petunjuk jaksa sudah kita kirim ke penyidik,"kata Dostom.

Sesuai data yang ada, jika CP bekerja berdasarkan SK KUBE yang dibuat dan ditandatangani BA. Bahkan BA tercatat sebagai ketua.

Penulis: ay. Editor: gun.