HETANEWS

Ini 7 Pemain Bintang yang Seharusnya Tidak Jadi Pengangguran

Fabio Coentrao saat memperkuat Sporting CP. Kini dirinya berstatus pengangguran.

Inggris, hetanews.com - Persaingan karier di dunia sepak bola benar-benar sengit. Jika tidak siap, seorang pemain bisa saja menjadi pengangguran alias tidak ada klub yang mau mempekerjakannya.

Kondisi buruk tersebut tak hanya dialami pemain amatiran. Beberapa nama bintang juga merasakan hal serupa. Sempat berjaya di masa muda, kini sinar mereka sudah meredup sehingga mulai dilupakan pecinta sepak bola.

Dari banyaknya pemain bintang, setidaknya ada tujuh nama yang berstatus pengangguran. Berikut ulasannya;

1. Fabio Coentrao

Di usia 31 tahun, karier Fabio Coentrao tak lagi bersinar terang. Terakhir, dia memperkuat Rio Ave di musim 2018/2019 lalu.

Ketika muda, Coentrao sempat menembus skuat utama Timnas Portugal. Selama beberapa tahun, posisinya sebagai bek kiri tak pernah digeser oleh pemain lain.

Coentrao bahkan dipercaya membela empat tim raksasa yakni Benfica (2007-2011), Real Madrid (2011-2015), AS Monaco (2015-2016), dan Sporting CP (2017-2018). Namun seiring bertambahnya usia, skill sang pemain dinilai selalu menurun. Masalah cedera juga menghambat kariernya di lapangan hijau. Alhasil Coentrao tidak punya klub di musim 2019/2020.

2. Ignazio Abate

Bek kanan asal Italia ini sempat dipercaya menghuni starting XI AC Milan. Ignazio Abate bahkan turut mengantarkan I Rossoneri juara Serie A pada musim 2010/2011 lalu.

Berkat daya jelajahnya yang tinggi, Abate sempat dipanggil beberapa kali ke Timnas Italia. Namun sayang, dia tidak bisa konsisten menjaga performa terbaiknya.

Di musim 2018/2019 lalu, Abate mengakhiri kariernya di Milan. Sejauh ini dia belum memiliki klub, padahal usianya tak terlalu tua yakni 32 tahun.

3. Wilfried Bony

Sebelum menganggur, bakat Wilfried Bony sempat mencuri perhatian ketika membela Swansea City dari 2013–2015. Oleh sejumlah pihak, Bony disebut-sebut sebagai titisan Didier Drogba karena sama-sama berasal dari Pantai Gading.

Namun sayang, kariernya menurun drastis ketika pindah ke Manchester City di musim 2015-2016. Sebagai penyerang, Bony kalah saing dengan Sergio Aguero. Akhirnya dia didepak klub dan bergabung dengan Stoke City sebagai pemain pinjaman.

Bersama Stoke, Bony gagal menunjukkan penampilan terbaiknya. Dia kemudian pulang ke Swansea, tapi lagi-lagi tak bisa mengembalikan ketajamannya sebagai predator. Terakhir, Bony bermain di Liga Qatar bersama Al-Arabi.

4. Giuseppe Rossi

Striker berusia 32 tahun ini sangat akrab dengan cedera. Sepanjang kariernya, Giuseppe Rossi sudah belasan kali keluar masuk ruang perawatan medis.

Tapi sewaktu muda, sang pemain punya bakat gemilang sehingga memikat perhatian pelatih legendaris Manchester United (MU) Sir Alex Ferguson. Rossi diboyong ke Old Trafford pada musim 2004/2005 ketika berumur 17 tahun.

Namun sayang, riwayat cedera yang dimilikinya benar-benar buruk. Setelah didepak MU, Rossi sempat pindah ke Parma, Villarreal, Fiorentina, Levante, Celta Vigo, dan terakhir Genoa.

5. Eduardo da Silva

Arsenal sempat membuat kejutan saat merekrut Eduardo da Silva di musim panas 2007 lalu. Ketika itu dia dipercaya menggantikan Thierry Henry yang memutuskan hijrah ke Barcelona.

Namun sayang, kariernya anjlok setelah mengalami cedera parah. Pada 23 Februari 2008 lalu, pergelangan kakinya lepas usai ditekel oleh pemain Birmingham City, Martin Taylor. Alhasil Edsuardo absen selama setahun lebih. Dia kembali dalam kondisi yang tidak lagi stabil.

Setelah itu pemain keturuan Brasil tersebut sempat membela Shakhtar Donetsk, Flamengo, Atletico Paranaense, dan Legia Warsawa. Kini dia tidak punya klub di usia 36 tahun.

6. Mathieu Flamini

Gelandang asal Prancis ini tidak punya klub lagi setelah membela Getafe di musim 2018/2019 lalu. Meski sempat dikaitkan dengan beberapa tim, Flamini nyatanya masih berstatus free agent.

Sebelumnya, nama sang pemain sempat meroket ketika membela Arsenal (2004-2008 dan 2013-2016) serta AC Milan (2008-2013). Tapi setelahnya dia tak lagi bisa bersaing dengan pemain-pemain yang berusia lebih muda.

Meski demikian, Flamini tidak risau dengan masa depannya. Sebab menurut Forbes, pria 35 tahun itu tercatat sebagai salah satu pesepak bola terkaya di dunia. Harta Flamini berasal dari perusahaannya yang bergerak di bidang bio kimia.

7. Darren Fletcher

Mendekati masa-masa pensiun, Darren Fletcher mulai tidak dilirik lagi oleh klub-klub Eropa. Terakhir, dia membela Stoke City di musim 2018/2019 lalu.

Sebelumnya Fletcher sempat bergabung di Manchester United (MU) sejak masih remaja. Dia lalu menembus skuat utama pada musim 2003/2004 dan bertahan selama 12 tahun.

Setelah hengkang, Fletcher bermain empat musim di West Bromwich Albion. Kini dia tak lagi memiliki klub dan kabarnya akan memutuskan pensiun dalam waktu dekat ini.

sumber: inews.id

Editor: sella.