HETANEWS

BKN Targetkan 300 Instansi Buka Pendaftaran CPNS

CPNS mengikuti Presidential Lecture 2019 di Istora Senayan, Jakarta, Rabu, 24 Juli 2019. Foto: MI/Ramdani

Jakarta, hetanews.com - Badan Kepegawaian Negara (BKN) menargetkan 300 instansi membuka pendaftaran seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) Selasa, 11 November 2019. Sementara itu, ada 530 instansi yang akan membuka seleksi CPNS tahun ini.

 
Deputi Bidang Mutasi Kepegawaian BKN, Aris Windiyanto, menjelaskan pendaftaran dibuka pukul 23.11 WIB jelang diri hari. Saat ini, ada 207 instansi yang belum masuk ke sistem seleksi calon aparatur sipil negara (SSCASN).

 
Para instansi ini terkendala perbaikan formasi. Ada pula instansi yang masih menunggu persetujuan pejabat pembina kepegawaian (PPK).

"Kemudian saat proses validasi ada yang ditemukan formasi berbeda. Lalu ada revisi permenpan (peraturan menteri pendayaguna aparatur negara dan birokrasi reformasi) soal formasi yang jumlahnya tidak banyak," kata Aris di Jakarta.

 
Terkait kategori instansi, ada 61 instansi pusat yang masuk ke sistem, sehingga tersisa tujuh instansi yang belum masuk sistem. Untuk komposisi daerah yang belum masuk sistem, Aris mengaku tak hafal.

 
Tahun ini, pemerintah bakal membuka 152.286 formasi CPNS dengan rincian pusat sebanyak 37.425 formasi pada 68 kementerian/lembaga. Sementara itu, di daerah ada 114.861 formasi pada 462 pemerintah daerah.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengimbau para calon peserta seleksi bijak memilah informasi berkaitan dengan CPNS. Dia menegaskan sistem CPNS telah dibangun agar transparan dan akuntabel.

"Karena banyak sekali sumber-sumber tidak resmi yang mengatasnamakan BKN atau KemenPAN-RB untuk mencoba membantu memasukan dari 'jalur khusus' istilahnya. Tidak ada lagi seperti itu," ujar Bima.

Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo bakal memecat aparatur sipil negara (ASN) yang curang dalam seleksi CPNS. Sistem seleksi, jelas dia, telah diatur sedemikian rupa untuk mencegah korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).

"Kami jaminlah, KemenPAN-RB akan clean and clear," jelas Tjahjo.

Sumber: medcom.id

Editor: tom.