HETANEWS

Tak Hanya Bawa Kabur, Anak di Bawah Umur Ini Juga Cabuli Siswi SMP

Kasat Reskrim Polres Ponorogo AKP Maryoko

Ponorogo, hetanews.com - IB (16) asal Lumajang diamankan usai membawa kabur anak di bawah umur selama 2 hari. Tak hanya membawa kabur, dia juga mencabuli korban yang masih berusia 12 tahun tersebut. Saat diamankan keduanya sedang berada di dalam kamar di salah satu hotel di Ponorogo.

"Berawal dari laporan warga dari Kecamatan Mlarak, ada anak yang tidak pulang. Ditindaklanjuti kemudian melakukan penyelidikan ditemukan di salah satu hotel," tutur Kasat Reskrim Polres Ponorogo AKP Maryoko saat ditemui detikcom di kantornya, Jalan Bhayangkara, Senin (11/11/2019).

Maryoko mengatakan setelah diamankan korban langsung divisum hasilnya keduanya sudah melakukan persetubuhan. Keterangan dari keluarga, korban masih berusia 12 tahun dan duduk sebagai siswa kelas 1 SMP.

"Keduanya berkenalan lewat facebook sekitar 2 bulan, kemudian tanggal 8 November 2019 korban meminta izin keluar rumah," terang Maryoko.

Modus tersangka seolah-olah memiliki hubungan pacaran melalui media sosial. Bahkan pelaku yang juga masih di bawah umur itu juga nekat berangkat dari Lumajang dengan mengendarai motor untuk menjemput korban.

Pelaku dijerat dengan Pasal 332 KUHP Subsider Pasal 81 ayat 2 UU No 17 Tahun 2012 tentang penetapan Perpu nomor 1 Tahun 2016 tentang perubahan kedua UU 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak.

"Ancaman hukumannya 15 tahun," tukasnya.

Maryoko mengimbau kepada para orang tua untuk terus mengawasi pergaulan anaknya terutama dari media sosial bahayanya pergaulan bebas. "Perkembangan pergaulan bebas dengan modus pendekatan lewat media sosial ini harus diawasi," pungkas dia.

Sumber: detiknews.com 

Editor: suci.