HETANEWS.COM

Kakek 75 Tahun Kayuh Sepeda 5 Hari Demi Ikut Upacara Hari Pahlawan

Seorang Kakek Kayuh Sepeda 5 Hari Demi Hari Pahlawan. ©2019

Kakek berusia 75 tahun ini rela mengayuh sepeda selama lima hari sejauh 273,9 kilometer dari Kota Lhokseumawe-Banda Aceh demi mengikuti upacara Hari Pahlawan, Minggu (10/11) di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh.

Di bagian depan sepedanya yang tak lagi baru, terpasang secarik spanduk seukuran 100 x 50 centimeter yang memuat untaian kalimat patriotisme. Selembar bendera merah putih yang terikat di sebilah bambu runcing turut menghiasi sepedanya.

Namanya Mukhtar yang akrab disapa Om Mukhtar mengaku sengaja mengayuh sepeda selama lima hari. Selama dalam perjalanan terik mentari dan dinginnya hujan dia lalui.

"Niat saya untuk mengikuti upacara peringatan Hari Pahlawan di Banda Aceh," kata Om Mukhtar singkat.

Jakarta, hetanews.com - Semangat jiwa patriotnya tergambar dalam kalimat-kalimat yang ditulisnya. Di antaranya "Seorang Lansia dengan sepeda bututnya mengenang Hari Pahlawan."

Ia juga menyoroti jalan akses ke makam pahlawan Aceh Cut Mutia yang kurang diperhatikan. Pesan-pesan moral bagi generasi muda juga tak lupa ia cantumkan.

Pemandangan ini menjadi perhatian Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman usai upacara peringatan. Aminullah pun tertuju pada sosok kakek usia renta yang menggunakan peci merah itu. Aminullah pun menyampaikan apresiasi khusus bagi Om Muchtar.

"Semangat dan tekad Om Muchtar patut kita apresiasi. Di usia yang sudah tak muda, beliau masih berjuang menularkan semangat kepahlawanan kepada kita semua," ungkap Aminullah seraya mengundang Om Muchtar untuk bertandang ke pendopo wali kota.

  • Pemerintah Aceh Gelar Upacara

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Aceh menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan ke-74 di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Minggu (10/11/2019). Bertindak sebagai inspektur upacara (Irup), Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman.

Upacara yang berlangsung khidmat tersebut diikuti oleh segenap unsur Forkopimda Aceh dan Banda Aceh, para Kepala SKPA, SKPK Banda Aceh, veteran perang, anggota TNI, Polri, Aparatur Sipil Negara, dan ratusan siswa sekolah. Pada kesempatan itu, Wali Kota Aminullah membacakan amanat Menteri Sosial RI Juliari Batubara.

"Oleh karena itu, sudah seyogyanya kita menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan, sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers kita Bung Karno; 'hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar'," ujarnya.

Selain itu, lanjut Aminullah, peringatan Hari Pahlawan juga diharapkan dapat membangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini, sebagaimana tema peringatan hari pahlawan 2019.

Katanya, menjadi pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh siapapun warga negara Indonesia, seperti tolong menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoaks, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain, dan sebagainya.

Sumber: merdeka.com 

Editor: suci.