HETANEWS.COM

Hari Ini Tepat Satu Tahun Tugu Sang Naualuh Mangkrak

Walikota Hefriansyah bersama para veteran di makam pahlawan nagur, Minggu 10 November 2019 [foto;Humas Pemko Siantar]

Siantar, hetanews.com - Peringatan hari Pahlawan 1 November 2019 di Pematangsiantar, mengingatkan 'sejarah' dimulainya pembangunan tugu Raja Siantar Sang Naualuh Damanik oleh Pemko Pematangsiantar di lapangan Adam Malik.  

Seperti yang diketahui, hari ini genap satu tahun pembangunan tugu Sang Naualuh yang diresmikan diatas lapangan yang dikenal dengan nama 'Simarito' itu. Kini kondisinya tak terurus, mangkrak, dibiarkan terlantar, sampai tidak diketahui bagaimana nasibnya.

Satu tahun lalu, percisnya perayaan hari Pahlawan pada Sabtu 10 November 2018, Walikota Hefriansyah, meletakkan batu pertama pembangunan tugu Sang Naualuh.

Walikota memilih lapangan Adam Malik sebagai tempat pembangunan tugu. Sementaa kesepakatan awal tugu Raja Siantar itu dibangun di Lapangan Merdeka atau dikenal taman bunga. 

Baca juga: Pembangunan Tugu Sang Naualuh Damanik Ingkari Kesepakatan Awal

Pembangunan tugu tak berlanjut setelah adanya tuntutan dari warga yang mengatasnamakan dirinya Gabungan Masyarakat Islam Siantar [Gamis] pada 23 November 2019. 

Pada 7 Desember 2018, Walikota kemudian menghentikan pembangunan tugu Raja Siantar itu setelah adanya protes dari Gamis. Melalui surat, pembangunan dihentikan dengan alasan adanya potensi bencana sosial.

Pada perayaan HUT Kota Pematangsiantar Ke 148, di jorat Sang Naualuh di Pematangsiantar, Hefriansyah berjanji akan kembali meneruskan pembangunan tugu. Pada sambutannya, Hefriansyah memohon waktu.

Baca juga: MUI Siantar Beri Saran ke Walikota Untuk Menghentikan Pembangunan Tugu di Lapangan Adam Malik

"Untuk itu, kami memohon waktu yang tepat untuk membicarakan dan mendiskusikan agar harapan pembangunan tugu Sang Naualuh yang tertunda bisa segera terealisasi."

"Cepat tidak ada yang kita kejar, terlambat tidak ada yang mau kita tunggu, yang pasti tugu Sang Nauluh harus berdiri di Siantar," kata Hefriansyah membacakan sambutannya, Rabu 24 Apri 2019.

Baca juga: Pembangunan Tugu Sang Naualuh Kembali Menjadi Wacana di HUT Kota Siantar

Adanya pro dan kontra setelah diberhentikan pembangunan tugu, muncul desakan dari organisasi atau kelompok etnis Simalungun dan para pemerhati agar pembangunan dilanjutkan. Namun seiring berjalannya waktu, desakan itu tak lagi terdengar.

Sementara pada peringatan Hari Pahlawan kali ini, Walikota Hefriansyah menjadi inspektur upacara yang dilangsungkan di lapangan Adam Malik kota Pematangsiantar, pada Minggu pagi.

Setelah upacara, Walikota Hefriansyah beserta rombongan langsung menuju makam pahlawan nagur untuk melanjutkan penaburan bunga di makam pahlawan.

Meski tahun 2019 ini akan berakhir, tampaknya Walikota Hefriansyah belum menepati janjinya. Sebab kondisi pelataran tugu dilapangan Adam Malik itu masih terlihat mangkrak . 

Baca juga: Pembangunan Tugu Sang Naualuh di Lapangan H Adam Malik Dihentikan

Penulis: gee. Editor: edo.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!