HETANEWS

Terungkap! Ini Asal Mula Joko Widodo Dipanggil 'Jokowi'

Presiden Indonesia Joko Widodo (Reuters)

Jokowi bukanlah nama panggilan Presiden Joko Widodo sejak kecil. Ternyata, warga negara Prancis, Bernard Chene-lah yang pertama kali memanggil Presiden Joko Widodo dengan sapaan Jokowi. Bagaimana sejarahnya?

Secuil sejarah panggilan Jokowi diceritakan Bernard dalam sebuah video yang diunggah dikanal YouTube Presiden Joko Widodo pada Jumat (8/11) dengan judul 'Panggil Jokowi Saja'. Dalam video yang diunggah, Bernard menilai Joko Widodo terlalu panjang untuk dijadikan nama panggilan.

"Di Prancis kami terbiasa punya nama panggilan singkat. Dan nama Joko Widodo terlalu panjang buat saya. Kemudian saya tanya ke beliau, 'kalau tidak keberatan, boleh saya panggil Jokowi saja?' Dan begitulah awal ceritanya," kata Bernard di awal video.

Bernard sendiri merupakan rekan bisnis sewaktu Jokowi menggeluti usaha mebel. Dia pertama kali bertemu Jokowi pada 1999, dan merasa terkesan dengan pertemuan tersebut.

"Tentu. Waktu itu ketika saya berada di Solo, sekitar pertengahan tahun 1999," ungkapnya saat ditanya pertemuan pertama dengan Jokowi.

"Saat itu saya sangat terkesan dengan kedewasaannya. Dari matanya terlihat kalau ia sangat pintar dan penuh gairah hidup," imbuh Bernard.

Terkejut Jokowi jadi Presiden

Bernard sebetulnya kenal lebih dulu dengan paman Jokowi. Saat pertama kali dikenalkan, dia mengaku langsung mempercayai bahwa Jokowi bisa menjadi rekan bisnis yang baik.

"Saya saat itu memang sering berbisnis furnitur, dengan paman beliau (Jokowi-red) di Surakarta. Suatu hari, sang Paman memperkenalkan beliau ke saya. Beliau saat itu lulusan kehutanan. Dan saya bertanya apakah dia bisa memproduksi furnitur. Dan dengan menatap dia menjawab, 'ya! Kenapa tidak?' Dia memperlihatkan sejumlah model furnitur dan diberikan ke saya. Dari situ saya langsung merasa bisa mempercayainya. Dan kami mulai berbisnis bersama," cerita Bernard.

Bernard menyebut Jokowi tak pernah mengecewakannya dalam berbisnis. Dia pun kaget saat mengetahui Jokowi terjun ke dunia politik hingga bisa menjadi Presiden RI.

"Bagaimana kamu bisa percaya, seseorang yang biasa kerja bersama kamu di hutan, di pabrik, di kantor, suatu hari orang itu tidak lagi bekerja dengan kamu, tapi menjadi wali kota, seorang gubernur, dan menjadi presiden dari negara dengan populasi muslim terbesar di dunia," paparnya.

"Jadi, ya saya terkejut. Terkesan, terkesan. Tapi sangat senang dengan apa yang terjadi dengannya," sambung Bernard.

Gro├čbritannien Madame Tussauds Logo London (Imago/Westend61)

TOKOH-TOKOH INDONESIA DI MADAME TUSSAUDS

Museum patung lilin Madame Tussauds

Madame Tussauds adalah sebuah museum lilin terkenal di London, Inggris, dengan cabang-cabangnya di beberapa kota besar di dunia. Museum ini pertama kali didirikan oleh pematung lilin Marie Tussaud. Banyak tokoh terkenal yang terpilih menjadi model museum unik ini.

Screenshot madametussauds.com/hong-kong (madametussauds.com/hong-kong)

TOKOH-TOKOH INDONESIA DI MADAME TUSSAUDS

Presiden Joko Widodo

Patung Jokowi diresmikan di Madame Tussauds Hong Kong dan menjadi koleksi unggulan cabang museum ini pada tahun 2017.Latar belakang patung Jokowi di Madame Tussauds Hong Kong ini adalah pemandangan-pemandangan tujuan wisata indah Indonesia, seperti Candi Borobudur dan Raja Ampat.

Thailand Madame Tussauds in Bangkok (Getty Images/AFP/P. Kittiwongsakul)

TOKOH-TOKOH INDONESIA DI MADAME TUSSAUDS

Presiden pertama RI, Ir.Sukarno

Jokowi bukan presiden yang pertama kali tampil di Madame Tussauds. Patung presiden pertama RI, Soekarno juga telah menghuni cabang museum ini, di Singapura, Bangkok dan Hong Kong. Para pemimpin negara lainnya yang juga dibuatkan patung lilin di museum ini di antaranya bekas presiden AS, Barack Obama dan pemimpin China, Xi Jinping.

Screenshot Instagram/mtssingapore (Instagram/mtssingapore)

TOKOH-TOKOH INDONESIA DI MADAME TUSSAUDS

Pemain Bulutangkis, Rudy Hartono

Dari bidang olahraga, terpilih nama Rudy Hartono yang dibuatkan patung lilin di Madame Tussauds. Pebulutangkis legendaris Indonesia langganan kejuaraan dunia, termasuk All England itu, namanya juga tercatat dalam buku Guiness World Records.

S├Ąngerin Anggun (Imago/Belga)

TOKOH-TOKOH INDONESIA DI MADAME TUSSAUDS

Penyanyi Anggun

Tahun 2016, giliran penyanyi asal Indonesia, Anggun yang dipajang di Madame Tussauds.Lokasinya di Madame Tussauds Bangkok. Anggun terpilih untuk dibuatkan patung lilinnya di Madame Tussauds adalah karena keberhasilannya di kancah internasional dengan merilis album di 33 negara. Perancang terkemuka Jean-Paul Gaultier merancang gaun dan perhiasan yang elegan untuk patung lilin Anggun.

Marie Tussaud Wachsfigurenkabinett Madame Tussauds (Imago/Olaf Wagner)

TOKOH-TOKOH INDONESIA DI MADAME TUSSAUDS

Sosok di balik museum patung Lilin

Pematung lilin Marie Tussaud lahir tahun 1761 di Perancis. Ibunya bekerja sebagai pembantu rumah tangga untuk Dr. Phillippe Curtius yang mahir membuat patung lilin dan mengajarkan Marie. 1802, Marie Tussaud pindah ke London dan berpameran dan membuka museum. Kini museum lilin Madame Tussaud kini telah berkembang menjadi sebuah tujuan wisata.

Madame Tussauds Wachsfiguren Kabinett Brad Pitt Angelina Jolie Berlin (picture-alliance/dpa/B.Pedersen)

TOKOH-TOKOH INDONESIA DI MADAME TUSSAUDS

Jolie-Pitt ‘Cerai‘ di Madame Tussauds

Tokoh-tokoh dunia dibuat patung lilinnya di museum patung lilin Madame Tussauds. Di Berlin dan London patung Jolie-Pitt dipisah usai berbedarnya kabar keretakan hubungan pasangan aktris Angelina Jolie dan Brad Pitt. Patung pasangan ini tergolong jadi favorit pengunjung untuk ‘foto bareng’.

Donald Trump in Wax Madame Tussauds London (picture-alliance/dpa/T.Akmen)

TOKOH-TOKOH INDONESIA DI MADAME TUSSAUDS

Tak hanya di Gedung Putih, Trump geser Obama

Posisi Barack Obama yang digeser oleh Donald Trump bukan hanya di Gedung Putih saja, melainkan juga di Madame Tussauds London. Anda ingin berfoto dengan patung lilinnya?

Pria yang kini berusia 78 tahun itu juga menceritakan pengalamannya bertemu Jokowi di Paris. Bernard sempat tak percaya bisa bertemu Jokowi yang saat itu sudah menjabat sebagai Presiden RI.

"Ketika kami berada di Jakarta sebelumnya, dia (Jokowi) bilang ke saya, 'kemungkinan saya akan datang ke Paris 6 bulan lagi, siapa tahu saya ingin bertemu dengan kamu'. Saya yakin, tidak mungkin karena sekarang dia presiden. Tapi kenyataannya, pada suatu Minggu, saya mendapat telepon dari Kedutaan Besar Indonesia bahwa saya mendapat permintaan dari Tuan Presiden, 'ia ingin bertemu Anda besok siang'," papar Bernard.

"Jadi saya pergi ke hotel tempat ia menginap, dan protokoler bilang kalau saya cuma (disediakan) waktu 25 menit. Tapi pada kenyataannya dia menahan saya sampai satu setengah jam. Karena pada saat itu dia bilang, 'Bernard, saat ini saya bukan sedang menjadi presiden, sekarang saya adalah Jokowi, sedang bersama kamu, Bernard. Kita bisa berbincang tentang keluarga, tentang bisnis kita, tentang hubungan kita'. Dan saat itu saya merasa Jokowi adalah saudara saya," imbuhnya.

Sumber: dw.com

 

 

 

 

 

 

.

Editor: tom.