HETANEWS

PT Lonsum Bersama Pemkab Asahan Adakan Pertemuan Lanjutan, Bukit Kijang Pun Berakhir?

Bupati Asahan, H. Surya., B.Sc saat menerima kunjungan resmi pihak PT. Lonsum yang diwakili Kepala Cabang PT LSIP Medan, dr. Indra Priadi beserta jajarannya. (Foto/Ist)

Asahan, hetanews.com - Pertemuan yang digelar antara pihak Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Asahan, dengan Kepala PT. Perusahaan Perkebunan London Sumatera Indonesia, Tbk (PT LSIP) Cabang Medan, beserta Kepala Rayon PLN Aek Kanopan, pada Kamis (22/8/2019) lalu, nampaknya bakal berbuah manis.

Koordinasi yang dilaksanakan sendiri, terkait dengan keinginan masyarakat Dusun I dan II Bukit Kijang, Desa Rahuning, Kecamatan Rahuning, tentang pemasangan jaringan instalasi listrik, di daerah mereka.

Bupati Asahan, menerima kunjungan perwakilan pusat PT. LSIP atau biasa disebut PT Lonsum, Kamis (7/11/2019).

Dalam pertemuan yang dilaksanakan di ruang kerja Bupati Asahan, H. Surya, B.Sc tersebut, turut dihadiri Kepala Cabang PT. LSIP Medan, dr. Indra Priadi, Kaban Kesbangpol, Drs. Sorimuda Siregar, Kadis Perkim, M. Azmy Ismail, S.T., Kadis Kominfo, Rahmat Hidayat Siregar, M.Si dan Camat Rahuning, Syahputra, S.E.

Pada kesempatan tersebut, dr. Indra Priadi, menyampaikan surat dari Presiden Direktur PT PP LSIP Benny Tjoeng Nomor CS-112/LSIP/IX/2019 tertanggal 13 September 2019 tentang permohonan dukungan percepatan pembangunan jaringan listrik PLN, di Kabupaten Asahan kepada Bupati.

Dokter muda ini juga menjelaskan, PT. Lonsum pada dasarnya tetap akan mendukung setiap program Pemerintah RI, khususnya Pemkab Asahan, terkait rencana pembangunan jaringan listrik PLN menuju Bukit Kijang yang sudah puluhan tahun tidak teraliri listrik tersebut.

Kacab PT. Lonsum Medan, dr. Indra Priadi (kedua dari kanan) bersama Camat Rahuning, Syahputra, SE (kedua dari kiri) saat ditemui awak media ini, usai pertemuan di ruang kerja Bupati Asahan. (Foto/Rendi Srg)

Selanjutnya, dengan disetujuinya penyerahan hak-hak yang melekat pada pohon kelapa sawit yang terdampak guna pembangunan jaringan listrik PLN, menuju desa tersebut, dr. Indra menyampaikan harapan dari jajaran Pimpinan Komisaris, maupun Direksi Perusahaan asal Hongkong yang telah mengudara sejak 1962 ini.

"Presdir Lonsum berpesan kapada kami agar seluruh proses serta prosedur pelaksanaan pelepasan hak atas tanaman kelapa sawit Lonsum tersebut tetap memenuhi ketentuan hukum yang berlaku dan memperhatikan aspek-aspek keselamatan bagi pekerja, terlebih jika nantuinya jaringan listrik tersebut telah beroperasi, “ucap dr. Indra.

Sementara itu, Bupati Asahan H. Surya, B. Sc dalam sambutannya, menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT LSIP atas perhatian dan kepeduliannya kepada Pemkab Asahan, khususnya masyarakat Desa Kijang.

Disamping itu, Surya juga menyebutkan, bahwa Pemkab Asahan akan segera menyelesaikan hal – hal yang diperlukan untuk merealisasikan pemasangan jaringan listrik menuju Bukit Kijang.

“Untuk tahap awal, akan dilakukan penebangan pohon sawit yang terkena dampak pemasangan jalur listrik PLN dan dalam tahun ini juga pembangunan jaringan listrik tersebut akan segera direalisasikan,”ujar sipil nomor satu dijajaran Pemkab Asahan ini.

Lebih lanjut, kata Surya, pihaknya sanagat mengapresiasi dan menyambut baik kepada seluruh pihak yang telah memberikan dukungan terhadap proses pemasangan jaringan listrik ke Bukit Kijang.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Forkopimda Asahan, PT. Lonsum, PLN, insan Pers dan seluruh pihak yang telah memberikan dukungan dalam merealisasikan pembangunan jaringan listrik yang merupakan salah satu kebutuhan dasar bagi masyarakat, khususnya di Desa Kijang,”pungkasnya.

Penulis: rendi. Editor: gun.