HETANEWS

Edhi Rahmanto Buka BI FEST Asahan PULL

Kepala Perw. BI Siantar, Edhi Rahmanto, bersama masyarakat Asahan dipenukaran uang koin dan uang lusuh. (foto/ay)

Asahan, hetanews.com - Kepala Perwakilan BI Pematangsiantar, Edhi Rahmanto Hidayat, secara resmi membuka Indonesia Festival Ayo Satu Hati Kumpulkan Uang Logam dan Uang Lusuh, yang disingkat BI FEST Asahan PULL, Kamis (7/11/2019),  di Lapangan Adi Pradana Kisaran.          

Manurut Edhi, kegiatan tersebut akan dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 7-9. Masyarakat dapat menukarkan uang koin dan uang lusuh. Selain itu, BI juga memberikan edukasi cara memperlakukan uang dengan benar, sebagai wujud cinta rupiah dan cinta negara Indonesia kepada pelajar dari mulai tingkat Sekolah Dasar hingga Mahasiswa, juga kepada masyarakat Asahan.          

Uang kartal berupa koin dan kertas,  bukan hanya sebagai nilai tukar rupiah, tetapi juga sebagai wujud nyata cinta  negara sehingga Pemerintah harus mengedukasi masyarakat, jelasnya.          

Sesuai perkembangan dan kemajuan jaman, pembayaran dan transaksi tidak hanya dilakukan dengan tunai, tetapi juga dengan non tunai seperti transfer menggunakan kartu dan juga uang elektronik. BI juga telah memperkenalkan GNNT dan QRIS cara pembayaran non tunai dan digital kepada masyarakat, jelas Edhi.         

Pelaksanaan BI FEST Asahan PULL,  dirangkai dengan sosialisasi ciri keaslian uang rupiah, cara memperlakukan  uang dengan baik. Jangan Dicoret, jangan dilipat, jangan distraples, jangan disobek dan jangan dibasahi. Juga kegiatan jalan santai yang dihibur Band Punxgoaran.         

Dipastikan, sistem pembayaran tunai menggunakan uang kartal yang layak edar tidak lusuh dan dalam jumlah yang cukup.         

Maka melalui kegiatan ini dihimbau kepada masyarakat untuk menukarkan uang lusuh dan uang koin dengan langsung mendatangi lapangan Adi Pradana Kisaran. Karena uang koin yang dikeluarkan BI tidak pernah lagi kembali, hanya uang lusuh. "Uang koin jangan dibuang, tukarkan kepada kami, “ujarnya.          

Kisaran dipilih sebagai tempat BI fiesta berdasarkan data statistik perekonomian, di Asahan cukup tinggi di Sumut. Sejalan dengan pertumbuhan ekonomi, kebutuhan uang tunai meningkat.           

Edhi juga mengungkapkan jika terkait peredaran uang di wilayah kerja BI Siantar, yang meliputi Siantar, Simalungun, Asahan Batu bara, Tanjung Balai, Labuhan Batu, Labura dan Labuse mengalami peningkatan. Dan sepanjang tahun 2018 senilai 1,09 T uang lusuh yg masuk ke BI Siantar.          

Mewakili Bupati Asahan, Kadis Koperasi dan Perdagangan H Witoyo MM mengucapkan terima kasih kepada BI atas edukasinya kepada masyarakat tentang uang, cara pembayaran dan program lainnya, demi meningkatkan ilmu pengetahuan dan peningkatan perekonomian masyarakat. "Masyarakat Asahan sangat antusias dengan program BI Fiesta Gerakan Peduli Koin dan Uang Lusuh,"katanya.           

Hadir dalam acara tersebut unsur Forkopimda Asahan Ketua DPRD, Kajari, Ketua PN Asahan, Danki Brimob, Polres Asahan, mewakili perbankan dan pelajar.

Penulis: ay. Editor: gun.