HETANEWS

Kriteria Gerindra: Pemimpin yang Dikenal dan Mengenal Masyarakat

Binaris Situmorang [kemeja putih] bersalaman dengan salah satu Balon Walikota.

Siantar, hetanews.com - Partai Gerakan Indonesia Raya atau Gerindra Pematangsiantar masih membuka tahapan penjaringan bakal calon [Balon] Walikota dan Wakil. Gerindra mencari sosok pemimpin yang mengenal dan  dikenal oleh masyarakat Pematangsiantar.

Ketua penjaringan Balon walikota dan wakil walikota Partai Gerindra, Binaris Situmorang, mengatakan sosok pemimpin kriteria partai berlambang kepala Garuda itu secara umum adalah putera puteri terbaik di kota/kabupaten.

"Kita berharap kandidat, dikenal secara luas dan mengenal masyarakat. Dia sudah dikenal dan mengenal masyarakat. Kita harap seperti itu, dikenal masyarakat Pematangsiantar," kata Binaris, dihubungi, Kamis (7/11/2019) sore.

Dalam proses penjaringan, lanjut Binaris, pihaknya akan melakukan penilaian berdasarkan profil setiap Balon. Setelah tahapan pendaftaran, seluruh Balon kemudian akan menyampaikan visi dan misi. 

"Dari visi-misi mereka, kita buat juga berupa kesimpulan-kesimpulan dari Balon. Kemudian kita sampaikan ke DPD Gerindra. Mereka akan melakukan semacam cek and balance, kemudian mereka akan sampaikan ke DPP Pusat. Ditahap akhir DPP akan mengeluarkan rekomendasi," ungkapnya.

Menurut Binaris, berdasarkan petunjuk teknis penjaringan dan pelaksanaan seleksi Balon, tidak memungkinkan adanya sosok kandidat yang muncul tanpa mengikuti prosedur yang ada. "Seluruhnya harus mengikuti tahapan dari awal," ungkapnya

Sebagai Parpol peserta Pemilu, Gerindra berhasil meraih 3 kursi di DPRD Pematangsiantar. Binaris mengatakan,  tidak ada instruksi khusus dari Gerindra pusat terkait konsolidasi ke Parpol lain. 

Balon, kata Binaris, dapat melalukan komunikasi politik ke Parpol lain untuk memenuhi persyaratan memenuhi kuota Parpol peserta Pilkada Pematangsiantar 2020.

"DPC Gerindra Siantar dinamis. Dinamis mencari semacam mitra, siapa yang dianggap strategis dan taktis untuk bakal calon," jelasnya.

Baca juga: Besok, DPC Partai Gerindra Siantar Buka Penjaringan Bakal Calon

Penulis: gee. Editor: edo.