HETANEWS

Jokowi Ingin Ibu Kota Baru harus Menggembirakan

Presiden Joko Widodo.

Jakata, hetanews.com - Presiden Joko Widodo kembali menegaskan komitmen pemerintah memindahkan Ibu Kota Negara dari Jakarta ke wilayah Kalimantan Timur. Dalam unggahannya di akun Instagram pribadinya, @jokowi Presiden mengatakan membuka seluas-luasnya kesempatan ke masyarakat untuk menyampaikan pandangan mengenai visi ibu kota baru. 

Jelas Jokowi, ibu kota yang baru nanti harus menjadi kota masa depan. Bukan sekedar memindahkan pusat pemerintahan saja. Tapi mampu menghasilkan berbagai talenta, terutama talenta lokal. 

"Kota ini harus memberikan kualitas hidup tertinggi bagi para penghuninya," kata Presiden Jokowi dalam unggahannya, Kamis 7 November 2019.

Berbagai pernyataan pemerintah mengenai ibu kota baru, adalah kota yang smart. Dengan tetap mempertahankan keasrian lingkungannya, yang menjadi ciri dari Kalimantan sendiri. 

Sistem transportasi juga, direncanakan tidak lagi menggunakan bahan bakar fosil. Dan mengedepankan transportasi publik. 

"Ya, sebuah kota yang bebas emisi, menggunakan transportasi publik yang bebas emisi," ujar Jokowi. 

Maka nantinya, kota masa depan di ibu kota baru itu, jelas Jokowi, bisa membuat hidup banyak elemen masyarakat yang majemuk. 

Dengan begitu, Jokowi berharap masyarakat yang ada di sana benar-benar gembira akan kehadiran ibu kota baru. 

"Kota yang dinamika, kota yang menggembirakan. Kota yang masyarakatnya majemuk, terbuka, toleran, dan hidup bergotong royong,".

Editor: sella.