HETANEWS

Dugaan Pungli dan Status Plt Kepsek, Komisi II Akan Panggil Disdik

Kantor Disdik Pematangsiantar

Siantar, hetanews.com - Komisi II DPRD Pematangsiantar akan memanggil Dinas Pendidikan [Disdik] atas keluhan puluhan Plt Kepsek. Komisi II belum dapat menyimpulkan adanya dugaan pungli dan persoalan status Plt Kepsek.

Ketua Komisi II, Rini Silalahi, membenarkan jika pihaknya sudah menerima laporan dari puluhan Plt Kepsek SD di Pematangsiantar. Kata dia, pihaknya masih mempelajari laporan tersebut.

"Untuk saat ini kita belum bisa simpulkan. Karena kita gak bisa dengar satu pihak saja. Jadi kita akan panggil Dinas Pendidikan,' kata anggota DPRD partai Golkar ini, Rabu (6/11/2019).

Dijelaskannya, pemanggilan dinas terkait direncanakan pada Jumat (8/11) yang akan datang. "Kami masih di Medan ini. Tapi suratnya sudah dibuat ke Pemko supaya cepatnya Disdik kita akan panggil. Rencananya hari Jumat ini," ungkapnya.

Rini menambahkan, pada pertemuan puluhan Plt Kepsek dengan Anggota Komisi II, Senin kemarin, masih hanya sebatas penyampaian aspirasi. 

Terpisah, Kasi Intel Kejari Pematangsiantar, BAS Faomasi Laia mengatakan, dugaan pungli tersebut dapat dilaporkan ke pihaknya maupun Tim Saber Pungli.

"Ini kan butuh proses. Kalau mereka melapor kan lebih cepat. lalu kita panggil, jangan berlarut-larut dibiarkan. Silahkan datang ke sini," kata Faomasi.

Menurut Faomasi, para Plt Kepsek harus serius dalam mengungkap dugaan pungli dana Bos, dengan melaporkan dugaan tersebut. BAS berharap dugaan pungli ini bukan hanya bergulir kepermukaan saja.

"Kita melihat tindakan awal mereka datang ke sini. Berani gak mereka datang ke sini. Kita tunggu keseriusan mereka. Jangan ketika keinginan sudah tersampaikan ini ditinggal," jelasnya.

Baca juga: Dugaan Pengutipan Dana BOS Disdik Pematangsiantar

Penulis: gee. Editor: edo.