HETANEWS

Penyidik Serahkan Tersangka Dugaan Korupsi KUBE ke Jaksa

Kasi Intel Kejari Siantar, BAS Faomasi Jaya Laia SH MH. (foto/ay)

Siantar, hetanews.com - Tim Penyidik Satreskrim Polresta Siantar, telah menyerahkan tersangka dan barang bukti (BB) dugaan korupsi dana Kelompok Usaha Bersama (KUBE), pada Jumat (1/11/2019) malam lalu.

Ketika dikonfirmasi kepada tim jaksa, melalui Kasi Intel BAS Faomasi Jaya Laia SH, Selasa (5/11/2019), membenarkan hal tersebut.

"Tahap 2 sudah dilaksanakan, penyerahan tersangka dan barang bukti dari penyidik ke JPU,"kata BAS.

Penyerahan tersangka, sebenarnya bukan malam, tapi di atas pukul 18.00 WIB, karena pada hari itu, hujan sangat deras, ujarnya.

"Jadi kami tidak ada menutup-nutupi, karena koordinasinya sudah sejak pagi. Makanya kami selaku JPU, telah menyiapkan administrasinya,”katanya.

Menurut BAS, dalam penangan kasus, termasuk korupsi tidak melihat waktu. Bukan hanya tahap 2, bahkan sidang saja dapat berlangsung hingga malam hari.

Karena pihak penyidik harus membawa tersangka CP (61) dari Lapas yang telah dititipkan penyidik sejak ditetapkan tersangka. Kini penahanannya di JPU dan kembali dititipkan di Lapas, sebagai tahanan jaksa, jelas BAS lagi.

Tersangka CH, diduga menerima sejumlah uang dari proyek KUBE saat dirinya menjabat sebagai Kabid Kesra Bansos Pemko Siantar. Akibatnya, negara dirugikan hingga Rp399 juta, pada tahun 2013.

Tersangka dijerat dengan pasal 2 atau pasal 3 UU No 31/1999 tentang Tindak Pidana Korupsi. Tim jaksa yang yang menangani kasus tersebut dipimpin, Kasi Pidsus, Dostom Hutabarat SH, ungkapnya.

"Minggu ini, berkas perkara akan dilimpahkan ke PN Tipikor di Medan,"kata Dostom melalui pesan WA-nya.

Penulis: ay. Editor: gun.