HETANEWS

Puluhan Plt Kepsek di Pematangsiantar Minta didefenitifkan

Kantor Disdik Pematangsiantar

Siantar, hetanews.com - Kepala Sekolah [Kepsek] yang berstatus Plt [pelaksana tugas] meminta supaya didefenitifkan. Diketahui, ada puluhan Plt Kepsek di Pematangsiantar yang bertugas sampai 4 tahun terpaksa berhadapan dengan regulasi yang ada.

Hal itu diketahui saat pertemuan antara beberapa Plt Kepsek dengan anggota Komisi II DPRD Pematangsiantar, Senin (4/11) kemarin. Dalam rapat diketahui, ada beberapa orang Plt Kepsek tanpa sebab dimutasikan. 

Baca juga: Dugaan Pengutipan Dana BOS Disdik Pematangsiantar

Kemudian, diketahui lagi ada Plt Kepsek dimutasi langsung menjabat defenitif, yang terlaksana April 2018. Ironinya, Kepsek yang dimutasi itu SK pensiun sudah diterima. 

Plt Kepsek di sekolah dasar itu ditugaskan menjabat  mulai 2015, 2016, 2017 hingga Maret 2018. Mereka diperhadapkan dengan Permendikbud No 6 Tahun 2018 tertanggal 9 April 2018, yang menyatakan bahwa untuk menjabat defenitif harus mengikuti diklat CAKEP [calon kepala sekolah].

Menurut para Plt Kepsek, peraturan itu seharusnya berlaku kepada Plt Kepsek yang ditugaskan mulai April 2018 hingga saat ini. 

"Kami meminta supaya persoalan ini dijembatani komisi II. Karena semalam pertemuannya, DPRD bilang akan mempelajari dulu persoalan ini," kata salah seorang Plt Kepsek, yang tak ingin namanya disebutkan, Selasa (5/10/2019).

Dijelaskannya, ada puluhan yang ditugaskan sebagai Plt Kepsek sejak tahun 2015 hingga 2018. Sementara, kata dia, Permendikbud No 6 Tahun 2018 itu diterapkan bagi Plt Kepsek  yang ditugaskan sejak April 2018 sampai saat ini.

Hingga berita ini diturunkan, Kadis Pendidikan Edy Noah Saragih belum memberikan penjelasan. Dihubungi di hari yang sama, Edy belum bersedia menjawab panggilan.

Baca juga: Aroma Pungli Pelantikan Kepsek di Dinas Pendidikan Kota Pematangsiantar

Penulis: gee. Editor: edo.