HETANEWS

Buka Kejuaraan Catur Non-Master Tingkat Kabupaten, Balon Bupati Asahan Syamsul Qodry Marpaung Bertekad Majukan Olahraga

H. Syamsul Qodry Marpaung diabadikan saat membuka secara resmi kejuaraan catur kategori non-master tingkat Kabupaten Asahan (atas). (Foto/Rendi)

Asahan, hetanews.com - Ustaz H. Syamsul Qodry Marpaung, L.C, secara resmi membuka kejuaraan catur terbuka bagi kategori non-master (pemula/amatir) tingkat Kabupaten Asahan tahun 2019, Sabtu (2/11/2019) lalu, sekira pukul 09.30 WIB.

Diikuti sekitar 200-an peserta, ajang yang cukup bergensi itu, diadakan di salah satu warung kopi (warkop) milik Pak Hasan, tepatnya di Jalan Bhakti, Kelurahan Selawan, Kecamatan Kota Kisaran Timur, Asahan, Sumut.

Ustaz Syamsul, sapaan akrabnya ketika ditemui awak media ini menyebutkan, pertandingan yang digelar selama 2 hari, yakni mulai Sabtu-Minggu, 2 sampai 3 November 2019 tersebut, untuk mempererat tali silaturahmi antar sesama, terutama bagi kaum tua dan muda agar tetap saling menghargai.

"Selain silaturahmi serta menyalurkan hobi dan bakat, kejuaraan catur ini dimaksudkan juga sebagai ajang pemanasan. Setelah ini, kita akan beranjak ke tingkat selanjutnya yaitu kejuaraan tingkat master (profesional, red)," sebut anggota DPRD Provsu, periode 2014 - 2019 ini.

Balon Bupati Asahan, Syamsul Qodry Marpaung, menyaksikan secara langsung pertandingan pembuka yang diikuti oleh lintas generasi. (Foto/Rendi).

Lebih lanjut, kata Syamsul yang juga bakal calon (Balon) Bupati Asahan ini, pihaknya sangat mengapresiasi atas atensi dan perhatian yang cukup antusias dari masyarakat Asahan, khususnya yang berdomisili di kawasan Kota Kisaran dan sekitarnya.

"Saya tidak sangka atensi dari para Bapak/Ibu dan Adik-adik sekalian cukup antusias dalam mengikuti dan berlaga pada kejauraan catur yang menurut saya, sangat sederhana ini,"ujar pria berperawakan brewok kelahiran Sei Kepayang Asahan ini.

Disamping itu, politisi senior Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini berujar, hal tetsebut menunjukkan, bahwa masyarakat Asahan menginginkan perubahan bagi tanah Rambate Rataraya itu, khususnya pada bidang olahraga.

"Begitu saya sampai disini, saya sempat tak percaya, sambutan yang begitu hangat dan menyapa hati, membuat saya merasa takjub serta kagum kepada Bapak/Ibu dan Adik-adik sekalian," ucap Syamsul yang diikuti tepuk tangan dan sorak sorai peserta.

Sampai pukul 22:30 WIB, tampak para peserta memadati pertarungan pamungkas yang telah memasuki babak perempat final. (Foto/Rendi)

Terakhir, eks Anggota DPRD Asahan, 2 periode (2004-2014) ini, berpesan kepada seluruh peserta untuk tetap menjaga ukhuwah isamiyah serta selalu menjunjung tinggi sportivitas dan bersikap 'fairplay' bak ksatria sejati.

"Permainan catur ini merupakan hobi saya sejak kecil, dan di percaturan ini, saya banyak belajar tentang strategi dan taktik (stratak). Berangkat dari hal itulah, saya ingin menjadikan olahraga catur ini menjadi olahraga yang digemari masyarakat, terutama bagi para generasi millenial di Asahan," pungkasnya saat diwawancarai kru hetanews.com, di lokasi.

Ditempat yang sama, Hasan (45), selaku pihak panitia menegaskan, dirinya mengucapkan terima kasih atas sumbangsih dan partisipasi yang diberikan Syamsul Qodri Marpaung dalam mensukseskan gelaran tahunan tersebut.

"Saya mewakili pihak panitia menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ustaz Syamsul Qodri yang telah berpartisipasi dan memfasilitasi kejuaraan ini, mudah-mudahan keinginan beliau untuk menjadi pemimpin di Asahan dapat dihijabah Allah SWT, “ucapnya seraya diaminkan oleh hadirin lainnya.

Penulis: rendi. Editor: gun.