Jakarta, hetanews.com - Presiden Joko Widodo mengaku sedang merumuskan susunan Dewan Pengawas KPK. Presiden menyatakan tak akan menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang tentang KPK selagi gugatan uji materi masih berjalan di Mahkamah Konstitusi.

Jika perumusan sudah selesai, Dewan Pengawas KPK akan dilantik bersamaan dengan pimpinan eksekutif KPK pada Desember 2019. Susunan Dewan Pengawas KPK tidak diseleksi oleh panitia seleksi sebagaimana pimpinan eksekutif KPK.

Presiden mengingatkan, semua pihak harus menghormati proses hukum, termasuk dalam hal gugatan uji materi Undang-Undang KPK hasil revisi yang masih berlangsung di Mahkamah Konstitusi.

Tuntutan agar Presiden menerbitkan Perppu KPK muncul dari para mahasiswa yang berunjuk rasa di berbagai kota di Indonesia. Mereka menuntut Jokowi menerbitkan perppu untuk membatalkan UU KPK yang baru direvisi karena dinilai memperlemah KPK.

UU KPK itu juga digugat di MK. Gugatan uji materi UU KPK salah satunya diajukan oleh sejumlah mahasiswa. Saat gugatan didaftarkan, undang-undang baru itu belum diundangkan alias belum mendapat nomor pengesahan.

sumber: inews.id