HETANEWS

Minjam Uang Rp 27 Juta, Warga Perumnas Batu IV Dijebloskan Penjara

Tersangka dengan menggunakan baju tahanan saat digiring ke sel tahanan Polres Siantar. (foto/res)

Siantar, hetanews.com - Ilawati (36), terpaksa dijebloskan ke penjara oleh korbannya, boru Saragih dan ditahan sejak Rabu (30/10/2019), lalu.

Pelaku yang berdomisili di Jalan Asahan, Perumnas Batu VI, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun ini, nekat menipu korban.

Ilawati meminjam uang Rp27 juta, tapi bukan untuk berbisnis sayur, melainkan diberikan kepada suaminya untuk membuka usaha koperasi. 

Uang tersebut dipinjam pelaku dengan cara datang ke rumah korban yang berada di Jalan Medan, Kelurahan Sumber Jaya, Kecamatan Siantar Martoba, bulan Mei 2019.

Tanpa menaruh curiga sama sekali, korban langsung memberikan uang kontan sebesar Rp 27 tersebut kepada Ilawati, beserta kwitansi penyerahannya.

Setelah menerima uang itu, Ilwati berjaniji akan mengembalikan uang yang dipinjamnya. 

Namun tidak seperti yang disampaikan Ilawati, dia malah mengingkari janjinya dan sama sekali tidak ada itikad baik kepada korban untuk mengembalikan uang yang telah dipinjamnya. 

Dan yang paling parahnya, malah tersangka ini menantang korban, agar korban melaporkan tersangka kepada pihak yang berwajib.

Setelah korban membuat laporan, tersangka akhirnya berhasil ditangkap petugas dari belakang kantor Bupati lama, Jalan Asahan, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun. 

Kapolres Siantar, AKBP Budi Pardamean Saragih, melalui Pelaksana Harian (Plh) Kasubag Humas, Aipda Napena, membenarkan penangkapan terhadap Ilawati. 

"Tersangka sudah kita tahan dari hari Rabu kemarin. Untuk tersangka sendiri, kita kenakan pasal 372 Subs 378 KUHP tindak pidana penipuan," akhir Aipda Napena, ketika ditemui, di ruangannya, Jumat (1/11/2019).

Penulis: res. Editor: gun.