HETANEWS.COM

Warganet Soal Pembatalan Rekayasa Lalin Ramayana: Jangan Ramayana Mengatur Negara!

Tanda dibuat sebagai pengalihan rute di sekitara Ramayana. Foto: Dok Hetanews

Siantar, hetanews.com - Rekayasa arus lalu lintas (Lalin) di Plaza Ramayana dihapuskan setelah pihak manajemen mengadu ke DPRD Pematangsiantar dengan dalih pendapatan berkurang. Kebijakan wakil rakyat itu itu pun menuai kontra dari masyarakat, termasuk Warganet yang mengaku sudah nyaman dengan kondisi saat ini.

Rekayasa Lalin diinisiasi Satlantas Polres Siantar bersama Dinas Perhubungan sudah berlangsung sejak Mei 2019, seketika harus batal dalam kesimpulan rapat Komisi III dengan manajemen Ramayana, Satlantas, Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) dan Dishub, Kamis, 31 Oktober 2019.

Kasat Lantas Polres Siantar AKP Septian Dwi Rianto ditemui usai rapat mengatakan rekayasa saat ini memang masih bersifat sosialiasi. Namun kata dia, sejak diberlakukan rekayasa di lokasi, Laka Lantas menurun ketimbang sebelum rekayasa, juga membuat lenggang arus Lalin.

"Ini masih tahap sosialisasi dan simulasi. Setiap kebijakan pasti kan, ada pro dan kontra. Kalau dibiarkan seperti semula saya ragu, ini bisa lancar apa tidak. Karena masyarakat sudah biasa dengan ini," ucapnya.

Baca juga: Rapat Komisi III: Pengalihan Arus Lalin di Ramayana 'dihapuskan'

Akan tetapi, apa yang ada dalam pikiran Septian dimentahkan begitu saja oleh dewan. Sekretaris Komisi III, Daud Simanjuntak membacakan kesimpulan rapat menyatakan rekayasa arus dilakukan di waktu tertentu, seperti saat hari-hari besar.

"Terkait pengalihan arus di Ramayana dilakukan secara temporary, disesuaikan dengan tingkat kemacetan yang cukup tinggi, yang biasanya itu dihari hari besar keagamaan  atau hari libur," katanya.

Berikut komentar netizen media sosial Facebook terkait pembatalan rekayasa oleh DPRD:

"Skarang mana yg lbh utama, lancarnya arus Lalu Lintas atau turunnya Omsed dari Ramayana?" tulis akun Facebook, Budi Nasu****.

Akun Fong** Lubis mengatakan, "Jangan Ramayana yang mengatur negara."

"Mantap jangan dirubah lagi..
Itu sudah pas..
Setiap pagi tidak pernah macet lagi..
Apal lagi hujan..
Biasanya macet bangat..
Buat kamu Samsul manejen ramayana.. jangan kepentingan usahamu aja kau pikiri.
Pikirin masyarakat pemakai jalan.." timpal Sitorus **ya.

Akun David Pak***** berpendapat kalau kondisi pengalihan arus Lalin di seputaran Ramayana sudah bagus.

"Arus lalu lintas sekarang disekitar Ramayana sudah bagus ....jangan dirubah lagi hanya karena ulah segelintir beberapa orang atw pengusaha. Ini perlu diwaspadai bravo polri dan KPK" tulisnya.

"Hhmmm...
Padahal masyarakat sudah mulai terbiasa dengan rute yg ada selama ini..." tulis akun Christina Oktavia.

Rute pengalihan Lalin yang dibatalkan DPRD:

Kendaraan yang datang dari arah Jalan Asahan menuju arah Tanah Jawa atau ke Jalan Sutomo saat ini harus melewati Jalan Pantoan menuju Jalan Pattimura atau lewat dari belakang Ramayana. Jika sebelumnya, kendaraan yang menuju arah Jalan Sutomo bisa langsung lurus tanpa belok.
 
Jalan Pantoan yang merupakan jalur satu arah hanya boleh dilintasi kendaraan yang datang dari arah Jalan Pattimura menuju Jalan Sutomo lalu ke Jalan Asahan. Namun saat ini sudah dialihkan. Kendaraan yang datang dari arah Jalan Pattimura menuju jalan Asahan tidak boleh lagi melewati Jalan Pantoan, melainkan lurus ke Jalan Sutomo.

Penulis: bt. Editor: bt.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!