HETANEWS

Besok, Sri Mulyani Lantik Dirjen Pajak Baru

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati.

Jakarta, hetanews.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati akan melantik direktur jenderal (dirjen) pajak yang baru. Robert Pakpahan yang mengisi posisi tersebut sudah memasuki masa pensiun.

"Besok pagi," ujar Sri Mulyani di Jakarta, Kamis (31/10/2019).

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan Nufransa Wira Sakti menyebut, pelantikan dirjen pajak awalnya dilakukan sore ini. Namun, jadwalnya diganti menjadi besok.

Pria yang kerap disapa Frans itu mengatakan, keputusan untuk menunda pelantikan karena jadwal menteri keuangan bentrok dengan agenda rapat terbatas (ratas) yang dipimpin Presiden Jokowi.

"Pelantikan dirjen pajak ditunda jadi besok pagi. (Sore ini) menkeu ada agenda ratas di Istana," katanya kepada iNews.id.

Masa jabatan Robert sebagai Dirjen Pajak akan berakhir hari ini, Kamis (31/10/2019) karena telah memasuki masa pensiun. Robert yang kini genap berusia 60 tahun dilantik menjadi Dirjen Pajak pada 30 November 2017.

Berdasarkan informasi yang beredar, ada sejumlah nama yang digadang-gadang akan menggantikan Robert. Di antaranya Luky Alfirman (Dirjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko), Astera Primanto Bhakti (Dirjen Perimbangan Keuangan), dan Suryo Utomo (Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Kepatuhan Pajak).

Dari nama-nama itu, Suryo Utomo disebut-sebut menjadi kandidat terkuat mengisi jabatan dirjen pajak. Sri Mulyani mengakui telah memegang nama calon dirjen pajak. Dia akan mengumumkannya saat pelantikan.

"Nanti waktu Pak Robert selesai pensiun kita sudah akan punya Dirjen Pajak baru," ucap Sri Mulyani di Gedung Kemenkeu, Jakarta, Rabu (23/10/2019).

sumber: inews.id

Editor: sella.