HETANEWS

Peringatan HDK Tahun 2019, Kementerian Hukum & HAM Sudah Lakukan Perubahan

Potongan tumpeng diberikan kepada pegawai termuda dan tertua, pada peringatan HDK tahun 2019. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Kementerian Hukum & HAM, memperingati Hari Dharma Karyadhika (HDK) Tahun 2019.

Lapas Klas IIA Siantar dan Lapas Narkotika Simalungun, bersama Kantor Imigrasi, merayakannya secara bersama, yang dipusatkan di Lapas Klas IIA Siantar, jalan Asahan Km 7, Rabu (30/10/2019).

Peringatan HDK Tahun 2019, ditandai dengan upacara nasional yang dipimpin Kepala Imigrasi, Alrin Tambunan (Inspektur Upacara). Juga pemotongan tumpeng yang diberikan kepada pegawai tertua, Hiras Silalahi dan pegawai termuda, Martogi Lumban Gaol.

Sambutan tertulis Kementerian Hukum & HAM, Yasonna H Laoly yang dibacakan Alrin Tambunan, pada pokoknya, mengungkapkan, jika kementerian telah banyak melakukan perubahan yang signifikan, dari mulai sifat dan cara kerja. Pelayanan yang dilakukan dengan sistem digital.

Seperti untuk melihat data para narapidana (warga binaan) seperti lamanya masa penahanan, untuk pengurusan pembebasan bersayarat (PB) dapat dilakukan pada satu alat, tidak lagi secara manual (tertulis).

"Melalui layanan online, jika ditulis nama napi, maka akan keluar datanya,"jelas Porman Siregar.

Demikian juga untuk pelayanan di kantor keimigrasian, masyarakat dengan mudah mengakses aplikasi pengurusan paspor.

Tidak harus datang ke kantor imigrasi untuk mendaftarkan diri. Masyarakat dapat mengatur waktunya untuk datang ke imigrasi, jelas Tambunan.

Menurut Porman, untuk melayani secara digitalisasi berbasis tekhnologi, kementerian telah mempersiapkan SDM unggul. Dengan melakukan pelatihan kepada petugas juga melakukan sosialisasi berbasis tekhnologi.

Pemotongan tumpeng bersama, dilakuakn oleh Kalapas Klas IIA Siantar, Porman Siregar, Kepala Imigrasi, Alrin Tambunan dan Kalapas Narkotika Simalungun, EP Manik.

Peringatan HDK tahun 2019 bertemakan "transformasi meraih kinerja pasti" yang berarti adanya perubahan yang signifikan, baik sifat dan cara kerja untuk meraih kinerja yang pasti.

Penulis: ay. Editor: gun.