HETANEWS

Rizal Ramli: Erick Thohir Profesional Tapi Beban Utang Warisan Rini Berat

Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Erick Thohir di Gedung Kemenpora, Jakarta

Jakarta, hetanews.com - Terpilihnya Erick Thohir sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk periode 2019-2024, sempat menuai perhatian khalayak, tak terkecuali Rizal Ramli.

Mantan Menteri Keuangan Indonesia itu menilai Erick Thohir sebagai sosok yang tepat menduduki jabatan tersebut.

Hal itu disampaikan Rizal Ramli dalam acara Kupas Tuntas CNN Tv bertema Wajah Baru 'Pembatu' Jokowi yang disiarkan pada Jumat (25/10/2019).

Rizal menyebut Erick Thohir memiliki beban cukup berat memimpin BUMN pasca kepemimpinan menteri sebelumnya, Rini Somarno.

Ada utang besar yang ditinggalkan dan harus dibayar selain sistem kerja yang perlu direformasi.

"Dia (Erick Thohir) profesional, dia buktikan bisa berhasil walaupun beban yang ditinggalkan oleh Rini Soemarno luar biasa beratnya. Utangnya banyak, kinerjanya payah," ungkap Rizal Ramli.

Kendati begitu, dengan melihat latar belakang Erick sebagai bos sejumlah perusahaan, ia diyakini mampu meningkatkan kinerja BUMN.

"Mudah-mudahan karena dia dari latar belakang bisnis, Erick bisa perbaiki," imbuh Rizal.

Sebelumnya diketahui, Jokowi menugaskan Erick Thohir untuk bisa membangun perusahaan-perusahaan BUMN bersaing di pasar global.

"Bapak Erick Thohir Menteri BUMN, membangun BUMN, ekspansi ke pasar global, itu nanti tugasnya di beliau," kata Jokowi saat pengumuman Menteri.

Mendapat tugas tersebut, Erick mengatakan jika dalam 100 hari tak mencapai target yang ditetapkan, maka ia siap untuk dicopot dari jabatan menteri.

"Saya punya KPI yang harus dicapai selama tiga bulan dan statement ini juga disampaikan beliau bahwa semua menteri harus dicopot. Dan saya sangat siap dicopot," kata Erick di Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Sumber: merdeka.com 

Editor: suci.