HETANEWS.COM

Dalam Waktu Dekat, Loket Bus di Inti Kota Akan Ditertibkan

Bus AKDP di inti kota Pematangsiantar

Siantar, hetanews.com - Maraknya loket bus di wilayah perkotaan di Pematangsiantar telah menimbulkan kesemberautan berlalulintas. Dalam waktu dekat, loket- loket itu akan segera ditertibkan.

Jhon Liben, selaku Humas Korsatpel terminal tipe A Tanjung Pinggir, mengakui jika loket Bus untuk pemberhentian atau menurunkan dan menaikkan penumpang di wilayah perkotaan sudah tak diperbolehkan.

Seharusnya, kata dia, bus antar kota antar provinsi [AKAP] dan bus antar kota dalam provinsi [AKDP] maupun Angdes itu dipusatkan seluruhnya di terminal. 

"Seharusnya memang seperti itu, bahkan menurut sosialisasi dari kementrian pusat, dengan terbitnya Peraturan Menteri Nomor 15, bahwa tidak boleh lagi bus berangkat dari loket tapi harus dari terminal," ungkapnya, Jumat (25/10/2019).

Lebih lanjut ia menjelaskan, aturan diatur dalam PM No: 15 Tahun 2019 terkait penyelenggaraan angkutan orang dengan kendaraan bermotor umum dalam trayek. 

Hanya saja, sosialisasi aturan tersebut belum dilakukan kepada pengusaha angkutan maupun loket, mengingat peraturan tersebut masih tergolong baru.

"[Sosialisasi] secara umum belum dilakukan karena peraturan itu kan masih baru. Mungkin nanti ada arahan dari kementrian pusat kepada kami untuk melakukan sosialisasi kepada Bus AKAP dan AKDP di Siantar," jelasnya.

Kedepan, kata dia, sasaran sosialisi ini akan ditujukan ke loket Bus AKDP seperti Intra di Jalan Patimura dan Paradep Taxi di Jalan Sutomo Pematangsiantar dan loket Bus lain diluar terminal.

Baca juga: Ditemukan Satu Izin Trayek Angkutan Palsu

Penulis: huget. Editor: edo.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!