HETANEWS.COM

Ditemukan Satu Izin Trayek Angkutan Palsu

Loket ALS

Siantar, hetanews.com - Dishub Provinsi Sumut melalui Kordinator satuan pelayanan [Korsatpel] terminal tipe A Tanjung pinggir melakukan penegakan hukum di wilayah Pematangsiantar. Ditemui pengusaha angkutan yang memalsukan izin trayek. 

Humas Korsatpel, Jhon Liben, mengatakan penegakan hukum [Gakum] sesuai dengan perintah dari kementrian perhubungan. Korsatpel pun melakukan pemeriksaan izin di beberapa pengusaha angkutan. 

"Kami menemukan indikasi izin trayek AKAP-nya palsu, khususnya [Angkutan] pariwisata," ungkapnya, Jumat (25/10/2019).

Dijelaskanya, izin resmi AKAP atau antar kota antar provinsi dikeluarkan oleh kementrian perhubungan. Begitu dengan KPS [Kartu pengawasan] atau izin trayek-nya. 

Kata Liben, pihaknya pun menyita surat-surat yang diduga palsu itu untuk dibawa dan dilaporkan ke kementrian perhubungan. "Makanya kami sita itu," imbuhnya.

Hasil Gakum ditemukan 1 pengusaha angkutan yang terindikasi memalsukan izin trayek. Usaha angkutan itu bus merk ALS yang ber loket di Jalan Sisingamangaraja Pematangsiantar. "Yang terindikasi palsu hanya satu, ALS," katanya. 

Dia menambahkan, izin AKDP atau antar kota dalam provinsi dikeluarkan oleh Dishub Provinsi. Sementara izin Angdes atau angkutan desa dikeluarkan oleh Dishub Kota/Kabupaten.

Disinggung bagaimana izin trayek bus jurusan Pematangsiantar- Jakarka itu dipalsukan, Liben tidak tahu pasti. 

"Kita tidak tahu bagaimana itu bisa dipalsukan. Entah siapa yang memalsukan. Jadi surat-surat yang palsu itu sudah kami kirim ke Jakarta, kementrian perhubungan untuk ditindaklanjuti," pungkasnya.

Baca juga: Angdes Dilarang Masuk Inti Kota, Loket Liar Tak Ditertibkan

Penulis: huget. Editor: edo.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan