HETANEWS

Jejak Politik Budi Arie Setiadi, Ketua Projo yang Jadi Wakil Menteri Desa

Jakarta, hetanews.com - Presiden Joko Widodo alias Jokowi memanggil para calon wakil menteri ke Istana Negara, pagi ini. Salah satu calon wakil menteri yang dipanggil adalah Ketua Relawan Projo, Budi Arie Setiadi.

Usai bertemu Jokowi, Budi mengakui bakal menduduki posisi wakil menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

"Pembangunan masyarakat khususnya pedesaan dan daerah tertinggal yang anggarannya begitu besar harus dikawal dengan baik dan menghasilkan," katanya di Istana Negara, Jakarta, Jumat (25/10).

  • Ketua Relawan Projo

Budi Arie Setiadi atau yang akrab dipanggil Muni, lahir di Jakarta 20 April 1969. Dia adalah seorang relawan, aktivis, politikus sekaligus pengusaha.

Dia pun dikenal sebagai pendiri dan Ketua Umum Projo, organisasi relawan terbesar pendukung Jokowi.

  • Pendidikan

Budi mengenyam pendidikan sekolah dasar dan SMP di Fons Vitae II Jakarta. Kemudian melanjutkan pendidikannya di SMA Kolose Kanisius pada tahun 1988.

Setelah lulus di Kanisius, Budi Arie Setiadi diterima di FISIP Universitas Indonesia (UI), Depok, Jurusan Ilmu Komunikasi.

Usai mendapat gelar S1-nya pada tahun 1996, dia menyelesaikan studi pasca sarjana di Managemen Pembangunan Sosial UI dan lulus tahun 2006.

  • Organisasi

Sosok Budi juga dikenal aktif berorganisasi. Sejumlah jabatan pernah dipercayakan kepadanya. Dia pernah memimpin gerakan mahasiswa sebagai Ketua Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) FISIP UI 1994 dan Ketua Presidium Senat Mahasiswa UI pada periode 1994/1995.

Pada tahun 1993-1994, dia juga aktif di bidang kemahasiswaan dengan menjadi Redpel Majalah Suara Mahasiswa UI.

Budi juga menjadi Ketua ILUNI UI Jakarta pada 1998-2001 dan mendirikan Gerakan Sarjana Jakarta (GSJ) dan Masyarakat Profesional Indonesia (MPI). Pada era reformasi 1998, bersama aktivis mahasiswa dan alumni UI, Budi juga memprakarsai lahirnya Keluarga Besar (KB) UI.

  • Karier Politik

Sebagai politikus, Budi Arie menjadi Kepala Balitbang PDI Perjuangan DKI Jakarta pada 2005-2010 dan juga Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta.

Dia kemudian mendirikan Projo pada Agustus 2013. Selain menjadi Ketua Umum Projo, saat ini Budi Arie juga menjadi Dewan Penasihat ILUNI UI.

Sumber: merdeka.com 

Editor: suci.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.