HETANEWS

Blusukan ke Pasar, Puluhan Istri Dokter di Solo Bagi-Bagi Tas Kain

Istri dokter bagi-bagi tas kain. ©2019

Surakarta, hetanews.com - Puluhan istri dokter yang tergabung dalam Ikatan Istri Dokter Indonesia (IIDI) blusukan ke sejumlah pasar tradisional di Kota Solo, Jumat (25/10). Mereka melakukan kampanye gerakan tanpa plastik kepada pedagang maupun pengunjung pasar.

Mereka membagikan sekitar 1.000 tas kain kepada para pengunjung pasar yang sedang berbelanja. Para pengunjung yang sedang berbelanja merasa senang mendapatkan tas kain yang cukup besar. Mereka segera memindahkan barang belanjaan.

"Senang dapet tas kain, ini belanjaan saya pindahkan semua. Sebenarnya saya jarang pakai plastik, cuma ini tadi lupa bawa. Gerakan ini sangat bagus dan harus terus kita gaungkan," ujar Latifah (39) pengunjung Pasar Gede asal Kepatihan.

Ketua IIDI Solo, Sri Mulyaningsih Prasetyadi mengemukakan selain Pasar Gede, kegiatan serupa juga dilakukan di Pasar Ledoksari, Jebres, Pasar Harjodaksino, Pasar Nongko dan Pasar Kadipolo. Pembagian tas tersebut merupakan rangkaian Kegiatan Bulan Bakti Istri Dokter 2019 yang dimulai sejak awal bulan.

"Hari ini kita membagikan 1.000 tas kain dengan tujuan untuk merawat bumi kita dari sampah plastik. Karena menurut data internasional, Indonesia menempati peringkat kedua penghasil sampah plastik setelah China. Ini sangat mengkhawatirkan untuk kelangsungan generasi penerus bangsa," katanya.

Ia juga mengajak masyarakat dan pemerintah untuk terus menggaungkan kampanye gerakan tanpa plastik. Minimal masyarakat harus bisa mengurangi penggunaan plastik agar tidak timbul pencemaran. Masyarakat diajak untuk menggunakan tas belanja dari bahan kain, yang bisa digunakan berkali-kali.

Sumber: merdeka.com 

Editor: suci.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.