Siantar, hetanews.com - Pencopotan Sekda Budi Utari sekaligus pengunjukan Plh Sekda Kusdianto oleh Walikota Hefriansyah tak berhenti sampai disini. Baru-baru ini Walikota menerima rekomendasi dari KASN untuk mengembalikan jabatan Budi Utari. Meski begitu, Walikota dikabarkan mengeluarkan surat untuk pemanggilan Budi.

Kabag Hukum Pemko Pematangsiantar, Herry Oktarizal mengatakan, secara administrasi Budi Utari masih menjabat sebagai Sekretaris Daerah [Sekda] Pematangsiantar.

"Dengan terbitnya SK pengembalian dalam jabatan, secara administrasi Pak Budi Utari adalah Sekda. Tetapi dengan pembebasan sementara dari tugas jabatan Sekda Pematangsiantar, maka Plh Sekda adalah Pak Kusdianto," jelas Herry, lewat keterangan tertulisnya, Kamis (24/10/2019).

Disinggung mengenai berapa lama jabatan Sekda Budi Utari dibebaskan, Heri mengatakan sampai ditetapkannya keputusan hukuman disiplin. Pun begitu, Heri tak menjelaskan seperti apa tindak lanjut Walikota Hefriansyah atas rekomendasi KASN.

Baca juga: Hefriansyah Copot Budi Utari, Pilih Kusdianto Sebagai Plh Sekda

Pemko Pematangsiantar menerima rekomendasi KASN [Komisi Aparatur Sipil Negara] terkait pengembalian jabatan Budi sebagai Sekda. Sekaitan dengan itu, beredar informasi jika Walikota panggil Budi untuk diperiksa. 

Pemeriksaan ini juga dimuat dalam rekomendasi KASN pada poin 3. Dijelaskan; melakukan pemeriksaan terhadap Budi Utari apabila diduga melakukan pelanggaran disiplin, dengan mengacu kepada peraturan PP No:53 Tahun 2010 tentang disiplin PNS.

Tak itu saja, Budi Utari dikabarkan telah menerima surat pemeriksaan dari Walikota Pematangsiantar, dengan jadwal pemeriksaan tertanggal 30 Oktober 2019. Disinggung mengenai hal ini, Herry Oktarizal bilang, "Wah kalau itu tanya Pak wali," tulisnya.

Terpisah, DPRD Pematangsiantar akan menindaklanjuti surat Budi Utari terkait pencopotan dirinya dari jabatan Sekda. Seperti yang disampaikan sebelumnya, penyelesaian itu akan dibahas setelah terbentuknya Alat Kelengkapan Dewan [AKD]. 

"Untuk surat Sekda itukan di bagian Komisi l. Nanti akan kita bahas dengan mereka karenakan setiap komisi itu sudah ada tugas masing-masing komisi," ujar Wakil Ketua DPRD Mangatas Silalahi kepada wartawan.

Baca juga: Walikota dapat Rekom dari KASN, Jabatan Sekda di Kembalikan ke Budi Utari?