HETANEWS

Menhan Jerman Mengusulkan Bangun Zona Aman di Suriah

Menteri Pertahanan Jerman, Annegret Kramp-Karrenbauer. (REUTERS/Andreas Gebert/re1)

Berlin, hetanews.com - Menteri Pertahanan Jerman, Annegret Kramp-Karrenbauer mengusulkan pembuatan zona aman di Suriah Utara. Menurutnya, zona tersebut guna melindungi warga sipil yang mengungsi.

"Saran saya adalah perlu didirikan zona aman yang melibatkan dunia internasional, terutama melibatkan Turki dan Rusia," katanya, dilansir Reuters, Selasa (22/10).

Gagasan membangun zona aman menurutnya telah didiskusikan dengan Kanselir Jerman, Angela Merkel. Kramp-Karrenbauer juga telah memberi tahu beberapa sekutu Jerman mengenai misi kemanusiaan itu.

Membangun zona aman adalah pertama kalinya pemerintah Jerman mengusulkan misi militer di Timur Tengah. Jika didukung oleh Turki dan Rusia, bahkan Berlin siap mengirim tentara ke Suriah sebagai bagian dari misi itu.

Namun, usulan Kramp-Karrenbauer itu ternyata meingkatkan ketegangan di pemerintahan. Partai Demokrat Sosial meragukan keterlibatan militer Jerman secara langsung di Suriah.

Meski menuai pro dan kontra, Kramp-Karrenbauer tetap pada pendiriannya. Ia berpendapat bahwa tidak bisa lagi mendengarkan politisi Jerman yang tidak berbuat apa-apa untuk Suriah. "Jerman dan partai-partai berkuasa harus berbuat lebih banyak dan membantu menyelesaikan krisis internasional di Suriah," ujarnya.

Sumber: GATRA

Editor: tom.