HETANEWS

Xiaomi Patenkan Desain Kamera Depan Layar Ganda

Xiaomi menerima paten terkait dengan teknologi kamera di bawah layar dari CNIPA.

Jakarta, hetanews.com - Pekan lalu, laporan yang beredar menyebut Samsung telah memulai produksi massal dari kamera yg dirancang khusus untuk dapat berfungsi melalui layar. Namun, Samsung bukan satu-satunya perusahaan yang berupaya mewujudkan hal kamera ini.

 
Xiaomi mengunggah teaser terkait rencananya untuk menghadirkan kamera di layar beberapa bulan lalu, melalui akun Twitter resminya. Laporan terbaru dari situs TigerMobiles terkait paten baru Xiaomi untuk teknologi kamera di layar.

 
Paten ini mendapatkan izin dari China National Intellectual Property Administration (CNIPA) pada tanggal 30 September lalu. Pada dokumen paten, terdapat gambar menampilkan desain smartphone dengan kamera ganda di bawah layar.

Pengembangan teknologi ini menghilangkan kebutuhan produsen smartphone dalam menghadirkan perangkat dengan desain layar berponi, lubang kamera di layar, ataupun menggunakan modul pop-up, guna memaksimalkan rasio bodi ke layar.

 
Pada kondisi saat ini, teknologi tersebut mampu berfungsi pada layar berpanel transparan. Namun produsen smartphone dilaporkan tengah mencari solusi guna memaksimalkan kualitas kamera, sebab hasil foto sedikit terpengaruh oleh gangguan dari panel layar.

 
Teknologi ini masih dalam dalam tahap awal pengembangan, dan teknologi ini akan terlebih dahulu tersedia pada perangkat dengan segmentasi menengah bawah, sebelum tersedia di perangkat segmen premium dan unggulan.

 
Sebelumnya, turut beredar informasi terkait upaya Xiaomi dalam mematenkan solusi terkait desain layar penuh ini untuk perangkat low-end. Dokumen paten yang didaftarkan Xiaomi menampilkan desain smartphone dengan kamera depan tersemat di kedua sudut atas panel layar.

 
Lubang untuk penyematan kamera depan ini sekilas tampak lebih kecil dari implementasi desain lubang kamera pada smartphone saat ini. Sejumlah gambar yang mendampingi dokumen paten ini turut menampilkan bahwa lubang penyematan kamera depan tidak terlalu dibutuhkan.

 
Sementara itu, Xiaomi akhirnya memboyong varian Redmi teranyar ke Indonesia, Redmi Note 8. Ponsel ini hadir dengan Neptune Blue, Moonlight White, dan Space Black. Redmi Note 8 mengadopsi prosesor Snapdragon 665 dan baterai berkapasitas 4.000mAh.

 
Redmi Note 8 juga mengunggulkan kemampuan kamera belakang 48MP. Redmi Note 8 tersedia dalam tiga pilihan varian RAM dan memori, yaitu 3GB/32GB seharga Rp2.099.000, 4GB/64GB seharga Rp2.299.000, dan 6GB/128GB seharga Rp2.899.000.

Sumber: medcom.id

Editor: tom.