HETANEWS.COM

Peduli Lingkungan, PLN dan DLH Resmikan Bank Sampah

Ujicoba pengelolaan sampah plastik di Bank Sampah Bantan Berseri Abadi

Siantar, hetanews.com - Bank sampah Bantan Berseri Abadi diresmikan oleh Dinas Lingkuhan Hidup dan UPT PLN Pematangsiantar di Jalan Seram Kelurahan Bantan, Selasa (22/10/2019). Peresmian bank sampah bertujuan untuk mengurangi sampah plastik di kota Pematangsiantar.

Manager PLN UPT Pematangsiantar Fretz josue menyampaikan, saat ini pihaknya sedang fokus ke isu ramah lingkungan. 

"Kami konsern ke pengelolaan lingkungan, bagaimana kita tahu isu terbesar saat ini adalah soal pengolahan sampah plastik, dan ini bukan hanya di Indonesia tapi isu dunia,"katanya Selasa (22/10/2019).

Apalagi kata dia menambahkan, plastik baru bisa terurai setelah puluhan bahkan ratusan tahun lamanya. Sampah merupakan persoalan global.

"Sehingga kita dari UPT PLN Siantar dan Dinas Lingkungan Hidup bekerjasama dalam mengolah sampah plastik dan bernilai ekonomis bagi masyarakat,"paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Dedi Tunasto Setiawan menambahkan, pihaknya mendukung terwujudnya bank sampah di kelurahan. Dinas Lingkungan Hidup memfasilitasi pelatihan manajemen untuk pengelolaan sampah.

"Sebelum acara peresmian ini, kita telah buat pelatihan manajemen untuk pengelolaan sampah. Kita targetkan dua bulan ditangani, setelah itu dikelola oleh kelompok," ucapnya. 

Pendirian bank sampah ini mengacu kepada dasar hukum. Diantaranya UU No 18 tahun 2008  tentang pengelolaan sampah, Perda no 2 tahun 2012 tentang pengelolaan sampah dan SK Kelurahan Bantan tentang pembentukan Bank sampah Bantan Berseri Abadi.  

"Bantuan dari UPT PLN yakni, mesin pengolah plastik, becak betor, mesin jahit, dan timbangan. Sedangkan dari Dinas Lingkungan Hidup bantuan berupa pelatihan sosialisasi bank sampah," kata Siti Aminah Sinaga selaku Direktur bank sampah.

Baca juga: Aktivitas Pengerukan Tanah Perhatian Serius DLH Siantar

Penulis: gee. Editor: edo.
Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!