HETANEWS

Ingin Melahirkan di Rumah, Kartika Putri Sempat Marah dan Usir Habib Usman

Kartika Putri tak bilang suami saat berencana melahirkan anak di rumah

Jakarta, hetanews.com - Kebahagiaan tengah dirasakan oleh pasangan Kartika Putri dan Habib Usman bin Yahya. Mereka dikaruniai bayi perempuan yang lahir pada 18 Oktober 2019 kemarin.

Berbeda dengan ibu-ibu kebanyakan, Kartika Putri memilih untuk melahirkan di rumah dengan didampingi oleh seorang doula. Doula merupakan seorang profesional yang bertugas untuk membantu calon ibu dalam proses persalinan, dan memberikan dukungan sebelum melahirkan, selama melahirkan, serta setelah melahirkan.

Sebelum memutuskan untuk melahirkan di rumah, Kartika Putri berkonsultasi dengan dokter. Hasil diagnosa dokter menyatakan bahwa bayi dalam kandungannya sehat, namun dia tak memberitahu suami serta orang di rumahnya akan rencana ini.

"Karena tahu baby sehat, enggak ada masalah, sering kontraksi palsu, makin intens ke dokter, tali pusar bagus, ketuban bagus. Sembilan bulan 10 hari nonton Youtube, ada gajah lahiran, panda lahiran. Dari situ yakin lahiran di rumah. Enggak bilang Habib dan orang di rumah," ujar Kartika Putri, saat ditemui di kediamannya, di kawasan Cipete, Jakarta Selatan, seperti dikutip dari Okezone.

Habib Usman sempat panik saat melihat Kartika tengah mengalami kontraksi. Dia sempat mengajak istrinya untuk buru-buru pergi ke rumah sakit dan bertemu dengan dokter kandungan.

"Pembukaan dari jam 8 pagi, Kamis. Saya tahunya siang. Terus belum ada bukaan lagi, sampai jam 12 malam baru ada lagi. Jam 12 berasa, setengah satu kontraksi sering, terus dahsyat pembukaan dua. Aku bilang, 'Yuk, ke rumah sakit', sudah ditelpon-telponin, tapi dokter bilang masih lama. Di pikiran saya anak pertama sulit. Saya tanya lagi, 'Yuk ke rumah sakit', mulai galak," ujarnya.

Kartika Putri marah-marah kepada suaminya saat mengalami kontraksi, bahkan sampai diusir keluar rumah. Meski dimarahi oleh Kartika, Habib Usman bin Yahya tetap berusaha mengajak istrinya agar mau ke rumah sakit. Saat pembukaan enam dan tujuh, dia bahkan sudah menyiapkan mobil, namun istrinya tetap teguh pada pendiriannya untuk melahirkan di rumah.

"Pembukaan enam aku bilang, ayo ke rumah sakit. Dia bilang 'Keluar!!'. Saya berusaha santai, karena kalau panik dia bahaya juga. Dia harus santai dulu," ujarnya.

"Saya sudah siapin mobil buat ke rumah sakit. Pas masuk bukaan tujuh bilang mau ke rumah sakit, saya bilang ayo. Ternyata enggak jadi. Itu parah. Karena dia sudah niat lahirin di rumah. Padahal sudah bukaan tujuh," imbuhnya.

sumber: inews.id

Editor: sella.