HETANEWS

39 Pengungsi Wamena Asal Kabupaten Simalungun Disambut JR Saragih saat Tiba di Siantar

Bupati Simalungun, Dr JR Saragih SH MM saat menyapa pengungsi Wamena asal Kabupaten Simalungun saat tiba di Kota Siantar.

Simalungun, hetanews.com - Bupati Simalungun, Dr JR Saragih SH MM, bersama para pimpinan OPD Pemkab Simalungun, menyambut pemulangan 39 orang, warga Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, dari Wamena, Provinsi Papua, Senin (21/10/2019) malam, pukul 21.00 WIB.

Setibanya di Kota Siantar, para pengungsi yang menaiki bus, langsung dijamu Bupati bersama rombongan OPD, di salah satu rumah makan di Siantar.

JR Saragih, tampak menyalami satu persatu warganya, saat baru turun dari bus, sambil mengucapkan selamat datang kembali di Kabupaten Simalungun.

Bupati Simalungun, Dr JR Saragih SH MM saat menyapa pengungsi Wamena asal Kabupaten Simalungun saat tiba di Kota Siantar.

Bupati memerintahkan Camat dan OPD lainnya untuk mendata kembali para warga, mana tau masih ada yang tinggal di Wemena.

Adapun para pengungsi yang berasal dari Kabupaten Simalungun ini, berasal dari Kecamatan Tanah Jawa sebanyak 7 orang, Kecamatan Jorlang Hataran 4 orang, Kecamatan Jawa Maraja Bah Jambi 6 orang, Kecamatan Silimakuta 5 orang, Kecamatan Purba 7 orang, Kecamatan Pematang Bandar 5 orang, dan Kecamatan Bandar 4 orang dan Kecamatan Siantar 1 orang.

Bupati Simalungun, Dr JR Saragih SH MM saat memberikan sambutan dan menyemangati pengungsi Wamena asal Kabupaten Simalungun saat tiba di Kota Siantar.

Sedangkan rincian berdasarkan jenis kelamin, laki-laki sebanyak 18 orang dan perempuan sebanyak 21 orang yang terdiri dari 24 orang dewasa dan 15 orang anak-anak.

Kepulangan warga Simalungun yang sebelumnya menetap di Wamena ini, akibat tragedi kemanusiaan yang sedang terjadi di sana, sehingga mereka yang sebelumnya berada di posko pengungsian, memilih  kembali ke daerah asalnya untuk sementara waktu, hingga situasi di Wamena, berangsur pulih dan kondusif.

Penulis: tim. Editor: gun.