HETANEWS

Sosok Selir 'Pilot Jet Tempur' yang Dicopot Raja Thailand Vajiralongkorn

Raja Maha Vajiralongkorn dan Seneenat

Thailand, hetanews.com - Raja Thailand Maha Vajiralongkorn secara mengejutkan mencabut semua gelar selir bangsawan Sineenat Wongvajirapakdi, termasuk militer. Perempuan cantik yang bisa mengemudikan pesawat tempur itu diberi gelar selir oleh Kerajaan Thailand pada Juli 2019.

Pengangkatan perempuan berusia 34 tahun itu merupakan yang pertama kali dalam sejarah kerajaan sejak akhir monarki absolut Thailand pada 1932.

Pada Agustus, istana merilis beberapa foto Sineenat beserta biografi resmi di situs kerajaan.

Foto-foto menunjukkan perempuan yang akrab disapa Koi itu mengenakan pakaian tradisonal Thailand sambil duduk di kaki Raja. Selain itu, foto yang sempat viral menunjukkan posenya di kokpit pesawat tempur lengkap dengan crop-top berwarna abu-abu. Namun, gambar-gambar itu telah dihapus sejak Senin (21/10/2019).

Sineenat juga pernah ditampilkan dalam foto-foto resmi yang dirilis kerajaan saat menjadi sukarelawan di Bangkok.

Di militer, dia diketahui berpangkat mayor jenderal dan pernah menjalani pelatihan sebagai penerbang. Dia merupakan pemegang gelar resmi selir kerajaan pertama dalam kurun hampir 100 tahun di Thailand.

Alasan Raja mencopot gelar selir dari Seneenat sangat jelas, yakni karena menentang penunjukan Suthida sebagai ratu. Seneenat berambisi ingin menduduki posisi ratu.

Selain itu Sineenat juga disebut berambisi mendapatkan gelar kerajaan dan mempromosikan dirinya dalam menjalankan aktivitas kerajaan.

"Dia kurang memahami tradisi kerajaan dengan baik. Dia juga memperlihatkan ketidakpatuhan terhadap raja dan ratu," bunyi pernyataan, Selasa (22/10/2019).

Pencopotan dilakukan hanya beberapa bulan setelah perempuan berusia 34 tahun, diangkat secara resmi menjadi selir raja.

"Sineenat ambisius dan mencoba memosisikan diri sebagai ratu," isi pernyataan.

Disebutkan pula Sineenat melakukan tindakan tak pantas dan tidak berterima kasih.

sumber: inews.id

Editor: sella.