HETANEWS

Bertemu Yang di-Pertuan Agong XVI, Ma'ruf Minta TKI di Malaysia Dilindungi

Jakarta, hetanews.com - Sebelum menghadiri penobatan Kaisar Jepang, Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin pagi ini waktu setempat, bertemu dengan Yang di-Pertuan Agong XVI Malaysia di Hotel Imperial, Tokyo, Selasa (22/10). Dalam pertemuannya, Ma'ruf meminta kepada Yang di-Pertuan Agong XVI Malaysia untuk memberikan perlindungan yang baik kepada warga negara Indonesia yang yang tinggal dan bekerja di Malaysia.

"Kita punya tenaga kerja banyak di Malaysia, kan Raja ini punya kewenangan untuk mengampuni. Oleh karena itu, saya menitipkan tenaga kerja kita di Malaysia supaya memperoleh perlindungan dari beliau, dan saya minta anak-anak kita itu dianggap anak-anak beliau saja, bagaimana beliau memperlakukan, supaya Raja juga merespon dengan baik," tuturnya.

Pembicaraan yang kedua, kata Ma'ruf, Indonesia-Malaysia itu sama-sama penghasil terbesar sawit. Sawit ini sedang diperlakukan kurang adil, diskriminasi.

"Kita ajak Malaysia untuk bekerja sama mengupayakan, melawan upaya-upaya diskriminasi itu supaya sawit kita memperoleh perlakuan yang wajar, saat kita ekspor," terangnya.

Sebagai negara yang yang mayoritas penduduknya Muslim, Ma'ruf mengajak Indonesia-Malaysia untuk menangkal berkembangnya Islam yang radikal melalui pengembangan Islam yang damai, toleran, rahmatan lil 'alamin, Islam wasathiyah sehingga kondusifitas kawasan Asean terutama Indonesia-Malaysia tetap terjaga.

Selain itu, Ma'ruf juga menjelaskan bahwa Indonesia sedang berusaha untuk menjadi Indonesia maju. Untuk itu pemerintah terus membangun infrastruktur, SDM yang andal dan juga memperbesar investasi dan meningkatkan ekspor. Karena itu Indonesia mengajak Malaysia untuk ikut bekerja sama yang saling menguntungkan dan saling menopang supaya maju bersama-sama.

Dalam kesempatan tersebut, Ma'ruf tak lupa mengucapkan terima kasih atas kehadiran Tun Mahathir pada pelantikan Presiden Jokowi dan dirinya.

"Terima kasih juga atas ucapan selamat dari pemerintah dan rakyat Malaysia," ucapnya.

Sumber: merdeka.com 

Editor: suci.